Tahukan #SobatSmesco kalau penyelenggaraan MotoGP Mandalika tinggal hitungan hari lagi?
Nah, menjelang perhelatan event dunia ini, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyelenggarakan pre-event MotoGP Mandalika 2022 yaitu UMKM Goes to Mandalika di gedung Smesco, Minggu (06/03/2022).
Acara ini terdiri dari pameran produk UMKM di bidang otomotif sebanyak 60 UMKM. Produk UMKM berkualitas seperti sepeda motor listrik, sepeda motor balap mini, helm, aksesories, dan pendukung otomotif lainnya dipamerkan sebagai pemanasan menyambut MotoGP Mandalika.
Tidak hanya UMKM di bidang otomotif, 40 UKM di bidang travel juga ikut serta dalam pameran tersebut. Hal ini, sebagai rangkaian promosi UMKM sekaligus jasa pariwisata untuk mendukung ajang MotoGP Mandalika.
Selain pameran, acara juga diisi dengan kegiatan seperti coaching clinic, safety riding oleh IMI, dan atraksi freestyle. Dan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM unggulan, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelepasan rombongan Sahabat UMKM Goes to Mandalika. Rombongan akan touring ke Mandalika menggunakan sepeda motor dengan misi mempromosikan produk-produk UMKM.
Dalam kesempatan tersebut, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyampaikan akan menggelar pameran produk-produk UMKM unggulan yang telah melalui proses kurasi dari 14 provinsi. Pameran produk akan berlangsung selama event MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.
Lebih lanjut, Teten menjelaskan bahwa industri otomotif pada 2021 meningkat 17,82 persen dan menyerap sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri. Hal ini sebagai bukti bahwa permintaan pasar otomotif tetap tinggi.
“Membaiknya industri otomotif secara otomatis mampu meningkatkan sektor lainnya termasuk UMKM,” ungkap Teten.
Menurut Teten, UMKM merupakan sektor pendukung bagi industri otomotif yang termasuk di antaranya penyalur komponen kendaraan. Ia mengatakan MotoGP harus digunakan sebagai wadah promosi produk UMKM, pariwisata, dan investasi.
“Event MotoGP di Mandalika ini kita harus garap betul-betul, ajang promosi produk UMKM, promosi pariwisata dan promosi investasi,” jelas Teten.
Diharapkan dengan adanya acara UMKM Goes to Mandalika, para pengunjung bisa mendapatkan informasi secara lengkap terkait produk UMKM otomotif, event motor, serta hal-hal lain yang dapat menarik investor UMKM di bidang otomotif.
Saatnya produk UMKM semakin mendunia!