Logistik saat ini menjadi kendala dalam rantai pasok pemasaran produk UMKM. Ongkos kirim yang mahal menjadi penyebab daya saing produk UMKM di Indonesia menjadi rendah sehingga berpengaruh terhadap distribusi suatu produk di negara kepulauan ini. Permasalahan ini harus segera diatasi bersama dengan membangun logistik yang memadai untuk mendorong pemasaran dan penjualan produk UMKM.

Oleh karena itu, keberadaan Smesco Fulfillment Center menjadi solusi dalam permasalahan logistik bagi pelaku UMKM. Smesco Fulfillment Center yang terletak di lantai 11 Gedung Smesco merupakan kolaborasi antara Smesco, JNE dan YukBisnis dalam mengembangkan UMKM di Tanah Air.

Smesco Fulfillment Center juga bertujuan untuk peningkatan perputaran produk UMKM dan didukung dengan fasilitas layanan logistik produk UMKM secara realtime, tepat waktu dan aman, serta biaya yang terjangkau ke seluruh Indonesia.

Peningkatan transaksi online atau e-commerce pada semester I 2021 sebesar 186.75 triliun atau meningkat sebesar 63.36 % year on year dan kunjungan di platform online rata-rata 126.4 juta pengunjung perbulan, menjadikan Smesco Fulfillment Center sebagai solusi dalam mendistribusikan produk UMKM secara lebih merata, lebih meluas dan tentunya dengan ongkos kirim yang jauh lebih murah.

Dengan biaya kirim yang murah, Fulfillment Center dapat dimanfaatkan oleh UMKM yang berasal dari luar Pulau Jawa. Sehingga, setiap produk yang selama ini mengalami kesulitan pengiriman ke area di Pulau Jawa karena ongkos kirim yang mahal akan mendapatkan biaya kirim yang flat. Pengiriman dari daerah UMKM akan difasilitasi oleh dinas setempat dan atau memakai fasilitas penjemputan dari JNE secara gratis.

Nantinya setiap UMKM yang memasukkan produknya di Fulfillment Center, akan mendapatkan kesempatan untuk dipasarkan melalui platform reseller/dropshipper milik Smesco: Siren.id, dan platform penjualan berbasis pasar lokal, seperti Grabmart, dll.

UMKM yang terkurasi juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program BuyBack Stock, dimana Smesco akan membeli atau menjadi aggregator sebagian stok barang yang dikirimkan UMKM ke Fulfillment Center. Sehingga dengan program pembelian ini, UMKM diharapkan tidak akan mengalami kesulitan dalam cashflow.

Setiap UMKM yang memasukkan produknya di Fulfillment Center akan mendapatkan kesempatan prioritas untuk mendapatkan program pendampingan dari Smesco, termasuk inkubasi, pelatihan, webinar, sampai dengan akses ke pembiayaan.

Smesco Fulfillment Center diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat bagi UMKM guna mendorong pemerataan jangkauan pengiriman dan pemasaran produk UMKM di Indonesia.

Untuk menjawab kendala dan tantangan yang dihadapi khususnya permasalahan logistik, yuk ikuti WEBINAR yang akan membahas tuntas masalah logistik dan solusinya bagi UMKM bersama Smesco, YukBisnis dan JNE pada Kamis, 30 September 2021 pukul 10.00-11.30 WIB melalui zoom di link : s.id/webinarsmescologistik.

UKM Maju, UKM Bangkit Bersama.