Pelaku UMKM perlu meningkatkan kreativitas, inovasi dan strategi yang jitu agar mampu beradaptasi dalam kondisi apapun khususnya pada masa pandemi ini. Hal ini perlu di lakukan UMKM agar bisnisnya semakin berkembang dan jaringan pemasarannya semakin luas.

Dalam menyambut Hari UMKM Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus dan HUT kemerdekaan RI ke 76, Smesco Indonesia yang didukung oleh Kumparan dan BDI mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk mengikuti campaign dengan tagar #CeritakanBisnismu.

Campaign  #CeritakanBisnismu ini bertujuan untuk memberikan semangat dan harapan kepada UMKM untuk tetap berupaya memasarkan produknya melalui postingan yang menarik dan positif selama pandemi Covid-19 ini. Dan juga mendorong sesama UMKM untuk menceritakan keunikan dari bisnisnya yang membuat tetap bertahan atau bahkan mengalami pertumbuhan selama pandemi.

Kegiatan ini bisa diikuti oleh pelaku UMKM seluruh Indonesia untuk semua kategori produk yang pastinya produk tersebut keren, unik dan kekinian. Waktu posting campaign #CeritakanBisnismu ini akan dimulai pada tanggal 23-31 Agustus 2021 melalui platform Instagram.

Pada saat proses pembuatan video campaign #CeritakanBisnismu, video harus memenuhi keywords “semangat, harapan, bertahan dan inspirasi.

Berikut cara UMKM untuk mengikuti campaign  #CeritakanBisnismu:

  • Posting video diri UMKM berdurasi 1 menit yang menceritakan keunikan bisnis yang sedang dijalani di akun Instagram pribadi atau bisnisnya.
  • Cerita keunikan harus ditonjolkan, dan dapat dilihat dari sisi produk, pemasaran, distribusi, SDM, dll.
  • Video juga menceritakan bagaimana UMKM mampu bertahan atau bahkan tumbuh dalam kondisi pandemi Covid-19.
  • Video haruslah original dan autentik, dan pengambilan video boleh menggunakan Handphone maupun jenis kamera lainnya.
  • Video yang di posting harus mendukung  caption yang menceritakan detail keunggulan bisnisnya.
  • Setiap postingan video yang ikut campaign ini wajib menyertakan hastag #KemenkopUKM #SmescoIndonesia #GeberUMKM #CeritakanBisnismu #HariUMKM2021.
  • Seluruh postingan video peserta akan dikurasi dan dipilih 10 UMKM terpilih dari seluruh Indonesia sebagai pemenang.
  • 10 UMKM terpilih akan mendapatkan liputan khusus tentang bisnis dan produknya di kumparan.com.
  • 10 UMKM terpilih akan mendapatkan prioritas untuk semua program dari Smesco Indonesia, termasuk program inkubasi, pelatihan dan pendampingan.
  • 10 UMKM terpilih akan mendapatkan bingkisan dan hadiah dari KemenkopUKM dan Smesco Indonesia.
  • 2 UMKM terpilih akan menjadi bintang tamu dalam acara PATEN di TVRI Jakarta.

Penetapan kriteria penilaian akan dikurasi oleh Smesco Indonesia dengan memperhatikan keunikan bisnis dan cara bertahan selama masa pandemi, serta cara bercerita yang dapat menggugah semangat sesama UMKM dan pelaku usaha baru.

Bagaimana, semakin tertarik untuk posting video Bisnismu? Yuk, segera ikuti campaign  #CeritakanBisnismu yang diselenggarakan oleh Smesco ini. Jangan lupa catat tanggalnya ya.