Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama dengan PT MNC Investama Tbk (MNC Group) bersinergi untuk percepatan transformasi digital koperasi dan UMKM Indonesia. Sinergi ini dituangkan dalam penandatangan nota kesepahaman antara KemenKopUKM dan MNC Group dengan mengangkat tema "Merangkul Jutaan Koperasi dan UMKM Menuju Ekonomi Digital" pada Rabu (06/10/2021).

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani di Jakarta Concert Hall iNews Tower dan dihadiri oleh MenKopUKM Teten Masduki dan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, serta di dampingi oleh Dirut Smesco Indonesia Leonard Theosabrata, COO MotionBanking Teddy Tee, dan Dewan Pengarah Indonesia Creative Network Wishnutama Kusubandio.

MenKopUKM Tenten menjelaskan, sinergi ini dilakukan untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UMKM melalui inovasi dan transformasi digital yang meliputi berbagai bidang, mulai dari optimalisasi konten digital, ekspansi e-commerce, perbankan digital, pengembangan transaksi cashless, hingga akses pembiayaan dari MNC Group.

Dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan digital koperasi dan UMKM Indonesia, KemenKopUKM dan MNC Group telah menyusun berbagai program. Salah satunya dengan program “Indonesian Authentic Merchant” yang tayang pada sore hari di MNCTV.

Melalui program “Indonesian Authentic Merchant” dan sekaligus perayaan HUT ke-30 MNCTV, akan ditayangkan 30 episode spesial mengenai cerita para pelaku UMKM binaan dari Smesco Indonesia untuk membantu mempromosikan produk lokal yang inovatif dan inspiratif.

Selain penandatangan nota kesepahaman antara KemenKopUKM dan MNC Group, juga di lakukan penandatangan nota kesepahaman antara Smesco dan MotionBanking untuk membantu UMKM dalam mengakses pembiayaan di perbankan.

65 juta pelaku UMKM telah mampu menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional atau 117 juta pekerja, dan berkontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebanyak 60%. Namun disayangkan, ada 30 juta pelaku usaha mikro yang mengalami keterbatasan dan belum terhubung ke dalam lembaga pembiayaan.

Kolaborasi Smesco dengan MotionBanking akan mendorong proses bisnis yang lebih aman, produktif, dan efisien sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi, omzet, skala usaha, dan peningkatan daya saing.

Setelah penandatanganan, sekitar 150 perwakilan komunitas UMKM langsung mendapatkan sosialisasi dan pendampingan bersama MNC Group untuk lebih memahami peluang bisnis yang ditawarkan melalui ekosistem MNC Group seperti MotionBanking, MotionPay, MNC e-commerce, dan Warung Migo.

Kerja sama antara KemeKopUKM dengan unit bisnis milik MNC Group diharapkan dapat membantu memajukan UMKM di Indonesia, dan dapat menjadi solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi pelaku UMKM, sehingga mampu memberikan hasil yang positif bagi jutaan rakyat Indonesia.