Tahun 2021 menjadi titik awal bagi SMESCO untuk memperluas jaringan pemasaran dengan memulai berbagai kolaborasi. Salah satunya ialah kolaborasi yang dibangun antara SMESCO dengan PT Kimia Farma Tbk dalam Program Kimia Farma Batch #1 dan Kimia Farma Batch #2.

Kolaborasi yang dibangun antara SMESCO dengan Kimia Farma merupakan tindak lanjut dari MoU antara Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dengan Menteri BUMN Erick Tohir mengenai sinergi membantu UMKM ekspansi di sektor ritel.

Produk-produk UMKM Herbal dan SPA yang telah lolos di Program Kimia Farma Batch #1 dan Kimia Farma Batch #2 telah berhasil masuk dalam rantai pasok bisnis di 1.300 jaringan apotek Kimia Farma yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini sudah berjalan efektif selama 8 bulan sejak Maret 2021 hingga November 2021 dengan total transaksi mencapai Rp3 Miliar.

Program SMESCO dengan Kimia Farma hadir sebagai solusi dalam mendorong pertumbuhan pemasaran produk UMKM di tanah air. Akses pemasaran yang lebih luas, memberikan dampak langsung terhadap perputaran penjualan produk UMKM di masa pandemi, sehingga membantu mendorong percepatan dalam pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Utama SMESCO Leonard Theosabrata mengungkapkan bahwa produk UMKM yang dikurasi oleh SMESCO telah diterima dan dipasarkan Kimia Farma, ini berarti secara kualitas dan manfaat produk Herbal dan Spa yang diproduksi UMKM telah memiliki standar produk nasional.

Sebagai informasi, dari total transaksi yang di capai, program ini telah memfasilitasi total 40 UMKM. Dimana Purchase Order (PO) yang dilakukan apotek Kimia Farma terhadap produk Herbal dan SPA dari para pelaku UMKM hingga November 2021 adalah sebanyak 7 PO dengan total Stock Keeping Unit (SKU) sebanyak 120 SKU produk dan jumlah produk hingga 30.000 produk.

Program SMESCO dengan Kimia Farma masih terus berlanjut dengan permintaan PO berikutnya yang dilakukan oleh apotek Kimia Farma. Diharapkan melalui program ini banyak UMKM yang terbantukan, terutama dalam hal akses pemasaran. Sehingga UMKM mampu bertahan dan bangkit di tengah pandemi ini.

Terimakasih kepada UMKM yang telah mengikuti program ini. Dan tunggu program-program keren dari SMESCO yang lain ya! Pastikan usaha kalian sudah terdaftar di dataukm.smesco.go.id.