Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (Smesco Indonesia) yang merupakan lembaga resmi di bawah Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan  Bank Indonesia (BI) dalam mendirikan Pusat Wastra Nusantara (PWN) di lantai dasar SME Tower Main Building.

Kolaborasi ini merupakan implementasi dari Nota Kesepahaman antara Bank Indonesia dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia No. 22/3/NK/GBI/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Kerjasama dalam rangka Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Pusat Wastra Nusantara bertujuan sebagai hall of inspiration produk Wastra karya UMKM berkualitas premium dan memiliki nilai kebudayaan yang luhur. Pusat Wastra Nusantara diperuntukkan sebagai sarana promosi dan pemasaran produk UMKM khususnya Wastra yang memiliki potensi tinggi dengan target pasar yang cukup luas.

Pusat Wastra Nusantara berisi 46 Wastra atau kain premium yang berasal dari UMKM binaan 46 kantor perwakilan Bank Indonesia. Pusat Wastra Nusantara sendiri memiliki fungsi antara lain sebagai:

  • Pusat dari berbagai jenis kain tradisional dari seluruh Indonesia yang memiliki identitas warisan budaya yang bernilai tinggi.
  • Berbagi informasi mengenai perkembangan dan pengembangan wastra Nusantara oleh berbagai pihak Pemerintah maupun swasta.
  • Mempromosikan dan memasarkan keunikan dan keindahan wastra Nusantara kepada target masyarakat lebih luas, nasional dan internasional.

Pusat Wastra Nusantara diresmikan secara simbolik oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P Joewono dengan menekan tombol “Press” dalam sesi acara pada Launching Pusat Wastra Nusantara secara daring, Jumat (30/7/2021).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan, Pusat Wastra Nusantara diharapkan dapat menjadi sentra pengetahuan dan kreasi bagi UMKM, dan pembelajaran bagaimana membangun Wastra Indonesia yang memiliki daya saing dan akses pasar yang besar.

"Semoga Pusat Wastra Nusantara ini dapat melahirkan banyak ide brilian, inovasi model bisnis terkait wastra nusantara, karya keren, yang tentunya relevan dengan generasi muda kita untuk juga mencintai kekayaan budaya asli nusantara," kata Teten Masduki.

Deputi Gubernur BI Doni P Joewono menyampaikan, Pusat Wastra Nusantara diharapkan dapat bermanfaat bagi UMKM, serta rujukan bagi para pecinta Wastra. Selain itu juga diharapan bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat umum, serta sebagai media untuk memperluas jalu pemasaran dan pomosi produk Wastra UMKM.

Sebagai bentuk upaya mendorong cashless society, dan memperluas jangkauan, rangkaian produk Wastra UMKM dapat di lihat dan di lakukan transaksi secara virtual melalui platform www.pusatwastranusantara.co.id.

Bank Indonesia melalui Pusat Wastra Nusantara mendukung Sistem Pembayaran yang mudah dan murah bagi UMKM dan masyarakat melalui QRIS sebagai standar sistem pembayaran QR Code di Indonesia.

“BI senantiasa berupaya untuk mendukung sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal bagi UMKM, juga masyarakat melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai standar sistem pembayaran QR Code di Indonesia. Hingga minggu ke-3 Juli 2021 terdapat 8,1 juta merchant yang terdaftar menggunakan QRIS dan 86%-nya merupakan UMKM," ungkap Doni P Joewono.

Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata menambahkan, Pusat Wastra Nusantara bagi Smesco adalah mata rantai yang penting, sehingga menjadi pelengkap bagi Smesco, sebagai pusat layanan UKM. Pusat Wastra Nusantara diharapkan akan menjadi hub bagi Wastra Indonesia, tempat diskusi dan trading house, serta knowledge center tentang Wastra dari seluruh Indonesia.

“Kami berharap dengan hadirnya Pusat Wastra Nusantara ini, selain bisa menjembatani secara ekonomi tapi juga menjadi etalase produk, dan harapan kedepannya juga menghasilkan transaksi ekonomi kreatif dengan valuasi yang tinggi,” ujar Leonard Theosabrata

Semoga Pusat Wastra Nusantara dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi UMKM dan ekonomi kreatif di Indonesia. Bersama, mari kita jadikan UMKM sebagai lokomotif baru pertumbuhan ekonomi Indonesia.