Sebanyak 250 UMKM siap bangkit dari keterpurukan resesi melalui program AKUSAPA (Akademi UKM Saat Pandemi) Batch #3 yang di usung oleh Smesco Indonesia dan Yukbisnis. Program AKUSAPA merupakan program re-branding UMKM yang telah diadakan 2 angkatan dan telah membantu merebranding 81 UMKM pilihan.

Sebagaimana diketahui sejak pandemi Covid-19, ekonomi Indonesia terus berada di zona negatif. Di kuartal II-2020, ekonomi Indonesia langsung jeblok hingga -5.32% dan di kuartal III-2020 mulai terjadi perbaikan menjadi -3.49% namun masih berada di zona negatif. Di kuartal IV-2020 pun demikian, meski membaik menjadi -2.19% tetapi masih belum bisa mencatatkan pertumbuhan yang positif dalam kurun waktu satu tahun ini.

Namun realisasi peningkatan grafik ekonomi Indonesia dari kuartal ke kuartal, menunjukkan bahwa mental orang Indonesia dari dahulu pantang menyerah terhadap keterpurukan. Pemerintah memantau perkiraan pertumbuhan untuk indikator konsumsi rumah tangga yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan, diperkirakan melaju di kisaran 6% hingga 6.8%, lalu konsumsi pemerintah 8.1% hingga 9.7% dan investasi 9.4% hingga 11.1%. Kemudian, ekspor Indonesia diramal mencapai 14.9% hingga 19.7% dan impor 13% hingga 19.7%.

Kontribusi pemerintah dalam upaya meningkatkan sektor usaha mikro khususnya konsumsi rumah tangga hadir berkolaborasi dengan pola kerja sama tiga pilar ekosistem UMKM, yaitu pemerintah, e-commerce dan UMKM sebagai solusi mengatasi menurunnya -23% mobilitas penduduk ke pusat perbelanjaan.

Yukbisnis merupakan salah satu platform e-commerce yang hadir bagi UMKM dan masyarakat awam yang akan memulai usaha sebagai salah satu sarana pemasaran di Indonesia. Yukbisnis didirikan pada tahun 2012, dengan produk pertamanya yaitu platform toko online Yubi PRO. Sejak saat itu, Yukbisnis mengembangkan dan membangun ekosistem toko online, mulai dari platform pembangunan trafik sampai layanan pemenuhan pesanan (fulfillment). Yukbisnis jugam memiliki komunitas di lebih dari 20 kota di Indonesia dan mancanegara. Komunitas Yukbisnis aktif mengadakan berbagai kegiatan sharing, mentoring maupun kegiatan lainnya.

Yukbisnis melalui program AKUSAPA Batch #3 bekerjasama dengan Smesco Indonesia siap memberikan pelatihan re branding dan mentoring GRATIS kepada 250 UMKM terpilih. Program AKUSAPA Batch #3 memiliki banyak manfaat bagi UMKM, meliputi :

  • Menemukan merek yang pas
  • Menemukan positioning untuk menang bersaing
  • Bantuan desain logo
  • Bantuan desain packaging
  • Mentoring perumusan saluran distribusi yang efektif
  • Mentoring materi bisnis umum

“Di program ini saya belajar banyak sekali. Mulai dari pondasi bisnis, buka langsung laris, simply selling, branding for UKM, instagram marketing, dan yang lebih utama kami semua belajar pentingnya adab, integritas, standar yang tinggi dan majunya produk Indonesia,” jelas Dani owner Sate Penjompongan yang re-branding menjadi Tongseng Ompong pada program AKUSAPA Batch #1.

AKUSAPA Batch #3 akan roadshow di 10 kota yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2021 di kota Bandung, 8 Juli 2021 di Kota Malang dan selanjutnya menyusul di kota Denpasar, Medan, Yogyakarta, Banten/Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Makassar dan terakhir Lombok.

Persyaratan peserta untuk mengikuti program ini adalah :

  • Produsen atau brand owner terpilih
  • Minimal 3 bulan bisnis berjalan dengan produk yang sama
  • Menonton 3 sesi workshop online AKUSAPA Batch #1
  • Membuat resume dan langkah perbaikan untuk bisnisnya
  • Produknya lulus uji ngangenin; data penjualan langsung
  • Menyertakan bukti testimoni produk secara spontan; screenshoot
  • Membuat liputan proses atau cerita bisnis pendiri via youtube

Pendaftaran tiap kota ditutup 14 hari sebelum tanggal roadshow di kota tersebut. Pengumuman peserta yang lolos dan tidak lolos akan dilakukan via whatsapp 7 hari sebelum roadshow. UMKM dapat langsung mendaftar program AKUSAPA Batch #3 dengan mengklik tombol dibawah ini.

Jika ada kendala saat pendaftaran, silahkan menghubungi Admin melalui Whatsapp di 0821-2121-0335.