Sejak tahun 2009, masyarakat Indonesia setiap tahunnya selalu merayakan Hari Batik Nasional. Perayaan ini sebagai bentuk rasa syukur atas ditetapkannya Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009.

Presiden Soeharto adalah orang yang pertama kali mengenakan batik saat mengikuti konferensi PBB, sekaligus memperkenalkan batik kepada dunia internasional. Pada tanggal 4 September 2008, kantor Menko Kesejahteraan Rakyat yang mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia mendaftarkan Batik Indonesia untuk mendapat status Intangible Cultural Heritage (ICH) melalui kantor UNESCO  di Jakarta.

Kemudian pada tanggal 9 Januari 2009, UNESCO sebagai badan khusus PBB yang menangani Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan, secara resmi menerima pengajuan Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Selanjutnya pengukuhan Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dikukuhkan pada sidang ke-empat Komite Antar-Pemerintah di Abu Dhabi yang dilaksanakan tanggal 2 Oktober 2009.

Sudah 12 tahun sejak ditetapkannya Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, pemerintah masih terus gencar untuk memasarkan dan meperkenalkan batik baik secara nasional maupun internasional. Terutama generasi milenial agar semakin cinta dengan Batik sebagai karya turun temurun dari leluhur bangsa Indonesia.

Smesco melalui Pusat Wastra Nusantara yang bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI), menghadirkan dan memasarkan produk UMKM khususnya wastra yang memiliki potensi tinggi dengan target pasar yang cukup luas. Pusat Wastra Nusantara berisikan 46 kain-kain premium Nusantara. Dari 46 wastra yang ada di Pusat Wastra Nusantara, 17 diantaranya adalah batik, kemudian sisanya adalah tenun dan songket.

Berdasarkan laman resmi Pusat Wastra Nusandara di www.pusatwastranusantara.co.id, Pusat Wastra Nusantara memiliki fungsi antara lain sebagai:

  • Pusat dari berbagai jenis kain tradisional dari seluruh Indonesia yang memiliki identitas warisan budaya yang bernilai tinggi.
  • Berbagi informasi mengenai perkembangan dan pengembangan wastra Nusantara oleh berbagai pihak Pemerintah maupun swasta.
  • Mempromosikan dan memasarkan keunikan dan keindahan wastra Nusantara kepada target masyarakat lebih luas, nasional dan internasional.

Semoga dengan hadirnya Pusat Wastra Nusantara di Smesco, semakin menjadikan batik dan ragam wastra Nusantara lainnya semakin dikenal masyarakat lebih luas lagi, baik secara nasional maupun internasional.

Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2021.

Bangga Memakai Batik. Bangga Buatan Indonesia.