Bisnis F&B paling sering dipilih pelaku usaha pemula karena kemudahan bahan baku yang diperoleh serta kemudahan mengolah makanan dan minuman menjadi produk dengan kemasan yang inovatif dan menarik, bisnis ini menjadi alasan utama untuk dikembangkan oleh pelaku usaha pemula. Disamping itu banyak pelaku usaha yang banting setir karena terdampak pandemi covid 19 dan penerapan PPKM yang masih berlangsung hingga saat ini.  

Untuk itu, Smesco kembali mewujudkan komitmen untuk membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang kali ini dikhususkan bagi pelaku UMKM di bidang F&B atau pangan (makanan dan minuman), melalui program Pendampingan Usaha bagi Wirausaha F&B.

Program ini diselenggarakan dengan rangkaian kelas daring atau webinar serta kelas tatap muka, dengan materi-materi yang ditujukan untuk membekali pengetahuan fundamental bisnis bagi para pelaku UMKM di bidang makanan dan minuman. Beberapa sesi diantaranya akan membahas tentang trend makanan & minuman di masa mendatang, merangkai ide bisnis, menemukan produk yang sesuai dengan market, dan merancang model bisnis yang baik.

Pendaftaran program ini dibuka dari tanggal 6 September s.d 3 Oktober 2021 melalui website smescofoodcamp.id. Seleksi berkas dari semua UMKM yang mendaftar akan di laksanakan dari tanggal 4 s.d 17 Oktober 2021. Sebanyak 50 UMKM akan dipilih untuk mengikuti kelas webinar pre mentoring secara online. Selanjutnya, akan dipilih lagi 20 UMKM yang akan mengikuti kelas mentoring tatap muka di Jakarta dengan mentor yang sudah berpengalaman di bidang makanan dan minuman.

Program pendampingan ini akan berujung pada kegiatan showcase produk di akhir tahun 2021 dengan hasil akhir dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan bisnis para pelaku UMKM, dan juga perbaikan rencana pengembangan bisnis kedepannya.

Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada menyampaikan bahwa program Pendampingan Usaha bagi Wirausaha F&B ini diharapkan dapat memberikan manfaat, dan dengan program-program lainnya dari pemerintah dapat bersinergi mendorong UMKM di Indonesia untuk terus berkembang dan tidak kalah saing dengan produk luar negeri terutama di pasar dalam negeri sendiri. Dengan begitu, kedepannya, pemulihan dan penguatan perekonomian nasional pun diharapkan dapat segera terwujud.

Segera daftarkan usahamu dan cek informasi lebih detail di website smescofoodcamp.id. Pastikan usahamu menjadi yang terpilih untuk mendapat pendampingan dari mentor yang berpengalaman.