Kebijakan PPKM yang masih berlangsung hingga 4 Oktober 2021 ini tidak dapat dihindari dan berdampak dengan adanya penurunan ekonomi di semua sektor, termasuk yang terdampak adalah pelaku UMKM. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan keadaan ini. Dimana banyak UMKM mengalami kerugian dan penurunan omzet yang menurun tajam.

Sektor UMKM telah menjadi pilar penting bagi ekosistem ekonomi nasional. UMKM menjadi kelompok usaha yang mampu melakukan peralihan cara berbisnis yang begitu cepat menuju bisnis digital. UMKM saat ini menguasai struktur usaha dengan capaian 99 persen dari total pelaku usaha di Indonesia. Peran UMKM telah berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebanyak 60 persen, dan penyerapan tenaga kerja yang terdampak pandemi sebesar 97 persen.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, Smesco Indonesia memetakan pertumbuhan platform digital seperti e-commerce, ride hailing, dan pembayaran digital telah membawa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar dan tercepat di ASEAN kurun dua tahun ini.

Pusat Layanan UMKM yang ada di Smesco ini akan didukung dengan tujuh fasilitas layanan usaha bagi pelaku UMKM, yakni;

BNI Xpora merupakan Pusat Layanan Ekspor UKM dan showcase produk unggulan UKM BNI yang sudah siap ekspor. Showcase ini diperlukan untuk memberikan rasa percaya kepada buyer luar negeri yang datang ke Smesco untuk mencari produk siap ekspor. Di dalamnya juga dilengkapi dengan e-catalog dan digital info tentang semua UKM yang ada di dalamnya.

Pusat Wastra Nusantara, dimana Smesco Indonesia bekerjasama dengan Bank Indonesia membangun area yang berlokasi di lantai Ground Smesco, yang akan menjadi pusat wastra tradisional dengan kualitas premium yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia. Pengrajin yang memproduksi wastra tradisional ini merupakan UMKM binaan dari kantor Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Smesco Hub Timur yang bekerjasama dengan asosiasi dan pemerintah daerah. Smesco Hub Timur akan di bangun pada bulan Oktober 2021 yang bertujuan agar produk-produk yang sudah terkurasi dari wilayah timur Indonesia dapat dipromosikan dengan baik. Smesco Hub Timur berlokasi di ITDC Nusa Dua Bali yang nantinya akan menjadi pusat trading dan investasi.

Siren.id adalah sebuah platform dropship dan reseller  yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dalam membantu pemasaran produk UMKM di seluruh Indonesia. Member drophsip dan reseller di Siren bisa mendapatkan keuntungan dari proses penjualan produk UMKM yan di pasarkan tersebut. Platform ini memiliki keistimewaan, yaitu ongkos kirim di tetapkan satu harga atau flat untuk tujuan kirim dari dan ke seluruh Indonesia.

Fulfillment Center  yang keberadaannya disponsori oleh JNE dan YukBisnis. Fulfillment Center akan menjadi solusi bagi pelaku UMKM terkait dengan permasalahan logistic (ongkos kirim mahal) yang selama ini dialami. Dengan adanya Fulfillment Center yang terletak di lantai 11 gedung Smesco ini, akan menjadikan ongkos kirim murah dan flat ke seluruh pelosok Pulau Jawa.

Smesco Labo adalah program yang memfasilitasi UMKM dalam melakukan riset dan pengembangan produk ataupun bisnisnya. Di dalam area Smesco Labo terdapat 4 area inisiatif: GARAGE, FASHIONLAB, MAKERSPACE dan FOODLAB. UMKM dapat memakai fasilitas yang ada di Smesco Labo, dan akan dibimbing oleh expert (pendamping) yang mengelola setiap inisiasi.

Pusat Layanan UKM,  berupa layanan konsultasi online melalui whatsapp yang sudah verified dan AI Chatbot. Terletak di lantai Ground Gedung Smesco.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera gabung bersama Smesco Indonesia. UKM Maju, UKM Bangkit Bersama.