Situasi pandemi saat ini menjadi tantangan bagi banyak pihak tak terkecuali pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM yang sebelumnya bisa berjualan dan bertransaksi langsung dengan pembeli, sekarang harus berjualan secara online. Sektor UMKM diharapkan dapat menjadi pemicu recovery ekonomi dan tingkat pengangguran di Indonesia dapat menurun.

Kebijakan pembatasan PSBB tahun 2020 lalu, mengakibatkan sebanyak 30 juta UMKM berhenti beroperasi. Pelaku UMKM perlu strategi agar terhindar dari kesulitan yang dihadapi dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ini.

Kebanyakan pelaku usaha mengira platform media sosial seperti Facebook dan Instagram digunakan hanya sebatas untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Tapi sebenarnya fungsi media sosial ini telah berkembang menjadi semakin luas untuk semua jenis usaha terutama untuk pelaku UMKM.

Media sosial dapat mengumpulkan data yang tidak sedikit mengenai informasi pelanggan yang akan menjadi target pasar. Data harian menyebutkan sekitar 4,5 milyar like di Facebook, dan 95 juta foto maupun video  yang telah diupload di Instagram. Dibalik angka yang besar ini ada informasi tentang data pelanggan; siapa mereka, apa yang mereka suka, dan bagaimana pendapat mereka tentang brand suatu produk.

Melalui pendekatan yang aktif dan mendengarkan apa yang terjadi di media sosial, pelaku UMKM bisa mengumpulkan data pelanggan yang relevan dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan bisnis yang akurat.

Dalam upaya mendukung persiapan generasi UMKM masa depan Indonesia untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dan bagaimana cara menavigasi usaha mereka dalam ekosistem digital, Facebook Indonesia bekerja sama dengan Smesco meluncurkan serial pelatihan untuk mencari pendamping UMKM bertajuk Workshop Optimalisasi Facebook & Instagram untuk Berjualan.

Serial pelatihan ini terdiri dari tiga sesi dengan topik "Cara Mudah Berjualan di Media Sosial" sebagai sesi pertama, “Optimalisasi Fitur di Media Sosial untuk Jualan atau Bisnis” pada sesi kedua, dan “Panduan Ngiklan Pemula” di sesi ketiga. Sesi pertama akan dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Webinar pada hari Senin, 4 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB.

Dalam rangkaian pelatihan ini, akan dibahas dasar-dasar strategi pemasaran online, penggunaan platform media sosial sebagai sarana pemasaran, dan berbagai fitur dalam aplikasi keluarga Facebook yang dapat digunakan untuk menunjang strategi pemasaran online.

Dapatkan juga kesempatan untuk mendaftarkan bisnis Anda dalam sesi konsultasi secara langsung bersama pakar dari Facebook pada sesi 1onConsultation yang disediakan setelah sesi pelatihan.

Syarat untuk mengikuti pelatihan :

  • Pelaku UMKM memiliki bisnis yang sudah berjalan.
  • Pelaku UMKM memiliki akun Facebook Business, Instagram Business, dan WhatsApp Business.
  • Sudah pernah menggunakan fitur-fitur bisnis di aplikasi keluarga Facebook.
  • Peserta pelatihan yang sudah mengikuti sesi pertama hingga sesi ketiga di wajibkan untuk menjadi pendamping UMKM lain dengan mengajarkan materi-materi yang sudah di berikan.

Segera daftarkan diri Anda untuk menjadi pendamping UMKM bersama Facebook x Smesco, bantu rekan pelaku UMKM Indonesia untuk menghadapi ekosistem digital, sekarang!

Klik gambar di bawah ini untuk mendaftar.

Periode pendaftaran hingga tanggal 3 Oktober 2021

Slot terbatas, peserta yang terkonfirmasi akan mendapatkan email dari penyelenggara.