Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata memberikan sambutan dalam kegiatan Big Idea Food Competition (BIFC) Indonesia Edition 2022 (23/11) di Jakarta. Menurutnya konpetisi kreatif ini akan memunculkan talent-talent muda yang memiliki jiwa entrepreneurship kuat dan berwawasan internasional.

“Setelah melewati rangkaian panjang, sejak sosialisasi program hingga seleksi peserta. Telah terkurasi 6 Food Startup yang pada hari ini akan mengikuti rangkaian terakhir Demo Day BIFC Indonesia Edition di SMESCO Labo Foodlab, Jakarta. Adapun 6 peserta terpilih yaitu Kyuri Burger, Gressoy, Samburger, MEALK, Mushi, & Imposible Nugget,” ujar Leonard Theosabrata.

Lebih lanjut Leonard Theosabrata menjelaskan diantara 6 peserta tersebut merupakan pelaku bisnis dengan kategori makanan-minuman berbahan baku/nabati (plant-based food) untuk kompetisi dan meraih pendanaan sejumlah US$ 200 ribu dari Big Idea Ventures (BIV) serta mendapat kesempatan berharga untuk berkompetisi di kancah lebih besar yang akan dilangsungkan di Singapura.

Big Idea Food Competition (BIFC) Indonesia Edition 2022 berusaha untuk menciptakan ekosistem wirausaha baru sambil menginspirasi generasi entrepreneur muda bidang food and baverages. Di Indonesia, dimana mencapai ketahanan pangan menjadi lebih menantang secara bisnis dan inovasi, fitur-fitur seperti food fashion, food security dan protein alternative harus bisa dikuasai dan diproduksi pengusaha F&B muda untuk menyikapi perubahan sistem pangan kita dan perkembangan bisnis,” Demikian uraian Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata.

Pasar protein alternatif diperkirakan bernilai US$ 27,05 miliar pada tahun 2027 dan tampaknya Asia akan menentukan pertumbuhan protein global selama beberapa dekade mendatang. Populasi Asia yang berjumlah lebih dari 4,7 miliar merupakan sekitar 60 persen dari populasi dunia yang berjumah 7,9 miliar, hal ini ditambah dengan meningkatnya pendapatan kelas menengah yang makmur berkontribusi membelanjakan uangnya untuk membeli makanan yang memicu peningkatan konsumsi daging, unggas, sayuran dan buah dalam sirkulasi produksi pangan di sector industry food and beverages.

Sebelumnya, Big Idea Food Competition (BIFC) merupakan sebuah kompetisi yang diinisiasikan oleh Big Idea Venture sebagai dukungan dalam meningkatkan dan mempertemukan pelaku usaha pangan pada akses yang lebih baik. Program ini memberikan kesempatan dalam mengembangkan bisnis bagi para pelaku Food Startup yang berfokus pada new protein plant based atau fermentation based.

Big Idea Venture menggandeng SMESCO dan Ultra Indonesia untuk menjadi inisiator dalam BIFC Indonesia Edition. BIFC 2022 akan berlangsung di enam negara di Asia yaitu Thailand, Korea, Jepang, Indonesia, China, dan Singapura. Final Competition untuk menentukan startups terbaik akan diadakan di Singapura, April 2023 Mendatang.

Ayo dukung selalu Plant-Based Food Startup Indonesia untuk Membawa dan Mengharumkan nama Indonesia di kancah Dunia.