Masih berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga saat ini, menjadi momen yang sangat tepat bagi Smesco untuk menghadapi tantangan pandemi ini. Smesco menggandeng Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) sebagai upaya dalam mencapai UMKM #NaikKelas melalui program Apindo UMKM Akademi.

Program pendampingan UMKM #NaikKelas yang diluncurkan APINDO melalui APINDO UMKM Akademi sudah dimulai sejak 17 Juni 2020 lalu. APINDO UMKM Akademi diharapkan mampu untuk menjangkau para pelaku UMKM di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan fitur teknologi.

Direktur Utama Smesco, Leonard Theosabrata menyampaikan, APINDO UMKM Akademi merupakan pusat pendidikan UMKM yang bertujuan untuk mentransfer ilmu kepada para pelaku usaha mikro agar mampu memperluas pengetahuan terkait permintaan pasar, jaringan dan pengembangan produk.

Sementara itu, Smesco juga sudah mempunyai program pendampingan UMKM melalui Sparc Campus. Sparc Campus menyediakan kurikulum yang dapat menambah wawasan pelaku UMKM, sehingga diharapkan mampu menghadapi berbagai tantangan.

Sparc Campus merupakan program inkubasi yang ada di Smesco untuk mempersiapkan UMKM dalam menghadapi tantangan bisnis saat ini dan di masa depan,” kata Leo.

Sparc Campus juga menyediakan kurikulum yang dapat memperkaya pola pikir pelaku usaha dengan memperkenalkan standar baru dalam proses bisnis yang berkesinambungan. Kurikulum Sparc Campus dapat diikuti oleh pelaku UMKM berupa konsep, pasokan material, produksi, pemasaran, branding, distribusi dan daur ulang.

Ketua Bidang UMKM/IKM DPN APINDO, Ronald Walla menambahkan, kolaborasi Smesco dan APINDO UMKM ini untuk memfasilitasi antara lain pendampingan, mentorship, business matching, pembiayaan, perijinan dan juga penyediaan UMKM call center agar UMKM dapat segera bangkit dari keterpurukan di tengah Pandemi.

Oleh karena itu, APINDO mengajak semua pelaku UMKM di Indonesia dan komunitas UMKM untuk dapat berpartisipasi secara aktif dengan APINDO dan Smesco. Partisipasi aktif ini dapat dimulai dengan melakukan pendaftaran data komunitas dan UMKM unggulan melalui platform Penggerak Masyarakat Tulen (PMT) secara online atau mengunjungi kantor APINDO UMKM AKADEMI HUB di lantai ground Gedung Smesco.

Bagi pelaku UMKM yang sudah lolos nantinya akan menjadi UMKM unggulan SMESCO dan APINDO. Dan produk yang terkurasi akan dimasukan ke dalam katalog yang akan dipromosikan di pasar dalam dan luar negeri.

Ayo segera daftar dan menjadi bagian dari Smesco dan APINDO UMKM Akademi.

UMKM #NaikKelas.