Ekspor produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional pada tahun ini ditargetkan naik menjadi 15,2 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 14,5 persen.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan bahwa kontribusi UMKM yang sangat besar terhadap PDB Nasional, menjadikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa. Namun, angka ekspor dari UMKM masing sangat rendah dan harus mendapat dukungan dari semua stakeholder demi masa depan UMKM Indonesia yang berbasis kreativitas dan teknologi.

“UMKM adalah kita, kontribusinya yang sangat besar terhadap PDB Nasional menjadikannya tulang punggung perekonomian bangsa. Namun, ekspor dari UMKM masih relatif rendah sekitar 14 persen. Oleh sebab itu, dibutuhkan gerakan seluruh stakeholder untuk menciptakan masa depan UMKM Indonesia berbasis kreativitas dan teknologi,” kata Teten Masduki dalam Festival Ide Bisnis by Xpora, Sabtu (31/7/2021)

Dalam upaya peningkatan ekspor pelaku UMKM dan percepatan transformasi digital, Smesco bersama Bank BNI membuka BNI Xpora sebagai Pusat Layanan Ekspor UKM dan Showcase di Gedung Smesco. BNI Xpora memiliki luas 169.3 m2 dilengkapi e-catalog dan infromasi digital tentang semua UMKM yang siap ekspor .

BNI Xpora sejatinya adalah sistem digital untuk pelaku UMKM yang di buat oleh Bank BNI. Platform ini diharapkan dapat menjadi solusi usaha bagi UMKM yang baru saja merintis usaha untuk meningkatkan kapasitasnya, hingga UMKM yang ingin memperluas akses pasar dan merambah ekspor.

BNI Xpora memberikan layanan digital yang beragam dan dapat dipergunakan oleh pelaku UMKM dari berbagai tingkatan baik itu pemula atau yang ingin memperluas jaringan pasarnya. BNI Xpora juga mendorong kemitraan UMKM di Indonesia dengan UMKM Mancanegara dengan memanfaatkan jaringan Bank BNI di berbagai negara.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengungkapkan bahwa UMKM yang menjadi mitra Smesco akan sangat dimudahkan dalam proses ekspor dan juga dalam pembiayaan ekspor.

"UMKM dapat menggunakan layanan BNI Expora sebagai mitra strategis dalam transaksi ekspor, sebagai Bank BUMN layanan terkemuka, BNI telah meiliki jaringan transaksional di banyak negara sehingga UMKM yang menjadi mitra Smesco akan sangat dimudahkan dalam proses ekspor dan juga dalam hal pembiayaan ekspor," Jelas Leonard.

BNI Xpora dapat diakses bebas oleh semua pelaku UMKM melalui domain xpora.id. Melalui portal ini, pelaku UMKM bisa mengakses beragam fitur, seperti Cek Level Bisnis. UMKM nantinya akan di berikan beberapa pertanyaan terkait usaha yang sedang dijalankan dan xpora.id akan memberikan penilaian berada di level mana usaha yang sedang UMKM jalankan saat ini.

Selain Cek Level Bisnis, fitur lain yang di hadirkan antara lain :

  • Ekspansi Bisnis yang berguna untuk menemukan pasar yang lebih besar dan supplier terpercaya untuk memperluas jangkauan bisnis UMKM.
  • Sistem Digital UKM, untuk menemukan pilihan tools digital dalam menunjang pengelolaan bisnis UMKM.
  • Forum UKM dimana UMKM dapat mengikuti forum untuk saling berbagi tips usaha dengan komunitas UMKM di BNI Xpora.
  • Inspirasi yang berisi video, kelas, dan kegiatan pembelajaran gratis yang bisa memperluas wawasan bisnis UMKM.
  • Solusi Pengelolaan Keuangan, untuk mengelola keuangan bisnis UMKM menjadi lebih mudah dengan membuat rekening khusus bisnis.
  • Solusi Pendanaan yang membuat bisnis UMKM berkembang lebih cepat dengan solusi pendanaan yang tepat pilihan Xpora.

BNI Xpora sebagai bentuk dukungan dari lintas stakeholders untuk para pelaku UMKM diharapkan bisa mendorong UMKM lokal untuk memenangkan persaingan global di masa yang akan datang.

Bagi #SobatSmesco yang ingin masuk ke ranah ekspor, segera kunjungi portal digital BNI Xpora di xpora.id atau bisa menghubungi Pusat Layanan Ekspor UKM dan Showcase-nya yang berada di Gedung Smesco.