Pelaksanaan vaksinasi terus dijalankan pemerintah hingga saat ini. Kementerian Kesehatan mencatat, masyarakat Indonesia yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 untuk dosis pertama telah mencapai 202 juta jiwa. Kemudian dosis kedua mencapai 170 juta jiwa, dan dosis ketiga 58 juta jiwa. Hal itu membuktikan bahwa pencapaian ini sudah melebihi 70% dari target sasaran vaksin yang mencapai 234 juta masyarakat Indonesia.

Percepatan vaksinasi yang dijalankan pemerintah serta protokol kesehatan yang ketat diyakini dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata, khususnya industri perhotelan. Seiring dengan pelonggaran aktivitas masyarakat usai pandemi Covid-19 mereda, kondisi industri perhotelan semakin membaik. BPS mencatat tingkat hunian kamar pada hotel di Indonesia Juni 2022 mencapai 50,28%. Naik 7,85% dibandingkan Januari 2022 yang mencapai 42,43%.

Geliat industri perhotelan yang mulai bergairah dan ramai kembali, menuntun SMESCO Indonesia untuk menjalin kerjasama dengan PT Jaya Hotel Lestari atau Episode Hotel dalam memperluas jangkauan pemasaran produk UKM, khususnya bagi produsen produk lokal yang terkait dengan jasa perhotelan sebagai salah satu upaya dalam memulihkan ekonomi nasional.

Kerjasama ini disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Bisnis dan Pemasaran SMESCO Indonesia Wientor Rah Mada dengan Direktur PT Jaya Hotel Lestari, Viktor A Sin yang dilaksanakan di Tangerang, Banten, Sabtu (13/08/2022).

Wientor mengatakan, Nota Kesepahaman tersebut bertujuan untuk mendorong, memajukan, dan memberikan kontribusi bagi pembentukan hubungan kemitraan saling menguntungkan dalam promosi dan pemanfaatan produk UKM untuk pemulihan ekonomi, khususnya pada bidang jasa perhotelan.

Dalam Nota Kesepahaman tersebut, kedua pihak bersepakat mewujudkan SMESCO Indonesia sebagai satu-satunya lembaga resmi pemerintah yang bertugas memasarkan produk UKM di Indonesia melakukan “quick out of the box business model shifting” dimana SMESCO menjadikan momentum pemulihan ekonomi pasca pandemi untuk memicu peningkatan penjualan produk UKM.

Melalui kerja sama ini kedua belah pihak akan fokus pada berbagai rencana bisnis berkelanjutan. Diantaranya ialah mendorong dan berkontribusi dalam mendukung pengembangan UKM melalui kegiatan pemetaan produk UKM yang berpotensi untuk dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan jasa perhotelan, maupun sinergi program dan pemanfaatan tanggung jawab sosial korporasi dalam pengembangan produk UKM.

Dalam kerja sama tersebut Episode Hotel juga akan melakukan pengembangan jejaring pemasaran produk UKM yang telah memenuhi standardisasi produk, hingga memberikan fasilitasi difusi hasil UKM guna mendukung pemulihan ekonomi pada bidang jasa perhotelan.

Kolaborasi SMESCO Indonesia dengan melibatkan Episode Hotel ini merupakan rangkaian program Konvoi Produk Nasional. Di mana Konvoi Produk Nasional merupakan prgram strategis SMESCO dalam mengumpulkan produk-produk unggulan UKM seluruh Indonesia yang telah melalui serangkaian kurasi, untuk kemudian didistribusikan kepada pasar dan konsumen sebagai end user.