Pandemi Covid-19 dua tahun terakhir turut berdampak pada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pelaku UMKM mendapat tantangan besar untuk bisa bertahan ditengah terpaan pandemi. Meskipun banyak UMKM yang bisa memanfaatkan pandemi sebagai peluang, namun tidak sedikit yang terpaksa harus merubah skema bisnisnya, atau bahkan harus gulung tikar.
Ditengah tantangan tersebut, Smesco hadir dengan berbagai program dalam memberikan pendampingan, pelatihan, dan bantuan agar UMKM dapat segera bangkit akibat pandemi.
Lalu apa saja program-program yang telah Smesco jalankan di tahun 2021? Yuk simak informasinya berikut ini.
1. Kurasi Produk
Berbagai macam kurasi, baik dari produk herbal & spa, produk UMKM untuk perhotelan, produk kuliner, produk furniture dan craft. Kurasi tersebut sudah berhasil melahirkan 3.400 produk UMKM yang siap dipasarkan baik di dalam dan luar negeri.
2. Inkubasi dan Pelatihan
Inkubasi, pelatihan dan webinar di berbagai daerah yang Smesco lakukan sudah berhasil merubah mindset, packaging, skema bisnis, hingga pemasaran bagi 2.815 UMKM di seluruh Indonesia.
3. Temu Mitra UMKM
Smesco selalu berusaha untuk lebih dekat dengan UMKM, mendengar lebih banyak setiap kebutuhan dan tantangan yang dihadapi UMKM terutama di masa pandemi. Untuk itu Smesco hadir, berkunjung ke berbagai daerah seperti Toba, Borobudur, Likupang, dan Mandalika untuk bertemu dengan UMKM.
4. Smesco Labo
Smesco Labo juga telah menghasilkan berbagai inisiatif, seperti Electronic Vehicle untuk cargo, berbagai riset pangan dan kuliner, serta inisiatif sustainable fashion dalam Project KRTA yang berlangsung dengan sukses.
5. Smesco Hub Timur
Produk UMKM di wilayah timur Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan belum terjangkau pasar di wilayah lainnya di Indonesia. Smesco Hub Timur hadir agar produk-produk di wilayah timur dapat dikurasi dan dipromosikan baik di pasar lokal maupun di pasar luar negeri.
6. Smesco Fulfillment Center
Smesco Fulfillment Center telah berhasil membantu 250 merchants dalam mendistribusikan produk UMKM keseluruh pulau jawa dengan mudah dan juga murah.
7. Siren.id
Platform Siren.id menjaring lebih dari 500 reseller dan 300 lebih mitra UMKM untuk dipasarkan secara nasional.
8. Kimia Farma
Bersama Kimia Farma Apotik, Smesco telah membantu penjualan lebih dari 30ribu produk kategori Herbal & Spa dengan nilai hampir Rp3,5 Milyar selama periode April s.d November 2021.
9. Live Shopping
Dua kali Live Shopping yang Smesco lakukan pada bulan Maret dan April tercatat sukses membantu penjualan UMKM selama pandemi.
9. Paviliun Provinsi
Sebagai ruang pamer dan penjualan produk UMKM unggulan dari 34 provinsi di Indonesia, Paviliun Provinsi telah berhasil mencetak omzet penjualan sebesar Rp641 juta.
Perlu #SobatSmesco ketahui, Tahun 2021 Smesco mempunyai 121 ekspose berita di media nasional, 413 rilis melalui kanal media sosial dengan reach yang mencapai lebih dari 1 juta audience. Selain itu, saat ini lebih dari 64ribu UMKM telah terdaftar dalam database Smesco dan siap tumbuh bersama untuk menjadikan UMKM Indonesia semakin naik kelas.
Dan tak kalah penting, tahun 2021 adalah tahun kolaborasi bagi Smesco. Dengan menggandeng berbagai pihak untuk kepentingan dan kemajuan UMKM, Smesco memiliki 16 MOU dan 14 perjanjian kerjasama (PKS) yang sudah ditandatangani, antara lain dengan BNI, BRI, Telkomsel, MNC Grup, Gojek, dan lainnya.
Smesco siap mendukung dan melayani UMKM Indonesia dengan sepenuh hati. Smesco akan terus memberikan yang terbaik demi UMKM Indonesia dapat tumbuh dan segera naik kelas.