Kesuksesan atas berlangsungnya “Telkomsel Pasar Nusa Dua” yang diselenggarakan pada bulan Mei 2022 lalu memberikan dampak positif terhadap gairah ekonomi pelaku UKM Indonesia yang terlibat, khususnya UKM Bali yang sedang berusaha bangkit pasca pandemi Covid-19.

“Telkomsel Pasar Nusa Dua” yang merupakan aktivasi inisiatif pertama dari Event Presidensi G20, juga telah memberikan dampak positif dari sisi trafic dan tenancy terhadap Bali Collection yang akan menjadi salah satu Point of Interest (POI) dari para Negarawan Anggota G20 pada November nanti.

Untuk mengulang kesuksesan Telkomsel Pasar Nusa Dua”, SMESCO Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM akan hadir kembali menyelenggarakan event “Xendit Pasar Nusa Dua 2” pada 28 September – 2 Oktober 2022 yang bertempat di Bali Collection, ITDC Nusa Dua Bali.

Event “Xendit Pasar Nusa Dua 2” yang didukung penuh oleh Xendit, PT Telkomsel (Persero), PT HM Sampoerna Tbk, dan Brightspot akan mengusung environment experience baru yaitu Sustainable Festival, serta menampilkan talenta, produk, dan merek terbaik dari Bali dan Indonesia yang telah melalui proses kurasi dari food village, retail market, music and art.

Lebih lanjut, area event “Xendit Pasar Nusa Dua 2”  akan terbagi menjadi tiga bagian yang terdiri dari:

  • Alun-Alun Pasar Nusa Dua, yang akan menyajikan 12 booth berbagai UKM brand makanan dan minuman khas Unggulan Indonesia, serta produk craft beer dan arak unggulan Bali.
  • Balai Pasar Nusa Dua, yang akan menampilkan berbagai UKM brand fashion, dan aksesories unggulan.
  • Smesco Hub Timur, yang akan menampilkan berbagai kegiatan yang mempromosikan sektor ekonomi kreatif, transformasi iklim pekerjaan hijau, investasi, dan usaha ramah lingkungan, serta ramah sosial.

Nantinya, area event “Xendit Pasar Nusa Dua 2” juga akan dilengkapi mini stage dan main stage yang akan menampilkan live music performance/entertainment activity dari musisi Jakarta dan Bali.

Pada hari pertama event “Xendit Pasar Nusa Dua 2”, akan dilaksanakan Launching Smesco Hub Timur dan SMEs Investment Dashboard. Smesco Hub Timur merupakan program inisiatif dari Kementerian Koperasi dan UKM dengan SMESCO Indonesia yang bertujuan sebagai investment hub yang dilengkapi SMEs Investment Dashboard, yaitu aplikasi sistem informasi pendataan UKM, riset (Business Intelligence), monitoring, dan evaluasi untuk para UKM Seluruh Indonesia, utamanya Indonesia bagian Timur.

Dengan adanya inisiatif ini diharapkan dapat menjalin koneksi yang kuat antara para pebisnis, komunitas serta entitas bisnis lainnya sehingga dapat terbentuk ekosistem yang mampu mendukung perluasan akses pasar para UKM Indonesia agar bisa go global.

Selain itu, kolaborasi yang saling mendukung antara Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Private Sector, Asosiasi, Komunitas, dan masyarakat, diyakini menjadi kunci keberhasilan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di Indonesia.