Inovasi merupakan kunci UMKM agar dapat memenangkan persaingan pasar di masa depan, terutama pasar digital. Untuk melahirkan inovasi tersebut, UMKM tentu saja tidak hanya mengandalkan keunggulan produknya saja, namun juga harus terus melakukan riset dan inovasi terhadap kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) dan Smesco Indonesia mendirikan Smesco Labo sebagai fasilitas riset dan mempertajam pengembangan kualitas UMKM di Indonesia dalam bertransformasi.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan Smesco Labo menyediakan fasilitas eksplorasi model bisnis masa depan serta fasilitas riset dan pengembangan yang tidak dimiliki oleh kebayakan UMKM.

“Smesco Labo menyediakan fasilitas research and development yang tidak dimiliki kebanyakan UMKM, termasuk fasilitas ekspolasi model bisnis masa depan,” kata Teten.

Berlokasi di Lantai B1 Gedung Smesco, Smesco Labo memberikan tempat pembelajaran berbagai praktik skill enrichment dan juga bimbingan langsung dalam riset dan pengembangan produk serta bisnis UMKM yang diharapkan mampu menjadi langkah awal untuk bisa unggul memenangkan persaingan pasar di masa depan.

“UMKM kita perlu terus dibekali agar dapat memanfaatkan teknologi sebagai pelaku, bukan sebatas obyek,” jelas Teten.

Smesco Labo memiliki 4 area inisiatif  yaitu Garage, Makerspace, FashionLab, dan FoodLab. Masing-masing area inisiatif mendorong transformasi UMKM dalam Future Mobility, Future Craft, Future Fashion, dan Future Food.

Setiap UMKM dapat memakai fasilitas di Smesco Labo dan akan dibimbing oleh expert yang mengelola setiap inisiatif. Seperti FoodLab yang di bimbing oleh expert yang sudah berpengalaman di bidang kuliner Ade Putri Pramadita. Ade Putri mengatakan bahwa FoodLab di Smesco Labo akan dipakai untuk berbagai pelatihan seperti demo masak, workshop dan talkshow yang berhubungan dengan kuliner.

“FoodLab di Smesco Labo ini kedepannya akan dipakai untuk berbagai pelatihan, jadi kita akan membuat misalnya demo masak disini juga, workshop ada disini, talkshow segala macam yang berurusan dengan kuliner akan dilakukan disini,” terang Ade Putri.

Selain itu, Garage di Smesco Labo yang di isi oleh Elders Garage juga akan memberikan pelatihan mengenai konversi kit motor listrik. Dengan adanya konversi kit ini akan memberikan kemudahan pemilik Vespa Tua untuk bisa mengubah notornya memakai teknologi baru tanpa harus kehilangan esensi motor asli.

"Materi dari bending dan welding untuk bikin swingarm, dan pelatihan merakit baterai. Terus sampai tahap instalasi, itu akan jadi salah satu materi pengajaran kita," ungkap Heret Frasthio dari Elders Garage.

Smesco Labo dan berbagai area inisiatif yang ada di dalamnya  memberikan fasilitas terhadap transformasi UMKM untuk menuju future SME yang siap menghadapi tantangan dimasa depan.

Smesco sangat terbuka untuk UMKM yang ingin berkolaborasi dengan Smesco Labo, yang memiliki beberapa fasilitas yang bisa di gunakan dalam sarana peningkatan produk yang berkualitas. Ayo bergabung bersama Smesco Labo dan buat usahamu menjadi #NaikKelas.