Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) atau Smesco Indonesia mengadakan promosi produk UMKM binaannya secara digital, dengan menggelar Sparc Live Shopping pada 11-13 Maret 2021.

Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengatakan, program ini akan melibatkan 44 UMKM dengan 185 jenis produk yang lolos kurasi dari total 100 UKM dengan 245 produk yang mendaftar ke Smesco. Sparc Live Shopping Maret 2021 akan mengangkat produk herbal dan spa unggulan dari UMKM seluruh Indonesia.
 

"Ini jadi bagian dari effort Smesco untuk mendorong penjualan produk UMKM supaya jumlahnya makin besar, dan kita makin bangga produk Indonesia. Targetnya di 2021 UMKM bangkit dan naik kelas bisa tercapai," kata Leonard dalam Konferensi Pers Belanja Online Sparc Live Shopping Produk Herbal dan Spa Lokal Unggulan secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Digelarnya Sparc Live Shopping ini merupakan upaya pihaknya sebagai lembaga pemasaran, bagaimana mengenalkan produk-produk unggulan Smesco juga bisa bersaing dengan produk lainnya di marketplace.

Lebih lanjut, dalam mewujudkan UMKM unggulan go digital, pihaknya juga tengah mempersiapkan upaya lain dengan membentuk platform khusus penjualan produk Smesco yang diberi nama Sparc Trade, di mana Sparc Live Shopping ini menjadi bagian dari upaya menuju platform khusus dengan mencari bibit unggulan mitra UMKM nasional.

"Sparc Trade ini kami orientasikan untuk meningkatkan ekspor, bagaimana produk UMKM champion dari Sparc Live Shopping ini kita bawa lebih besar lagi," ujarnya.

Kata Leonard, Smesco juga memiliki Sparc Campus yang menjadi bagian dari Sparc Trade sebagai agregator, memberikan pelayanan, pelatihan, inkubasi serta kerja sama dengan mitra. Smesco mendorong pelaku koperasi dan UKM onboarding bisnisnya di ranah digital.

Rencananya, Smesco bakal mengembangkan program Sparc Live Shopping tiap bulan atau secara berkala dengan tema produk yang berbeda-beda. Program ini juga berkolaborasi dengan platform Belanja.bio, GoJek dan Go Play.