Pusat Layanan Terpadu, Smesco kembali menawarkan pilihan fasilitas baru kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Fasilitas tersebut berupa Smesco Fulfillment Center di lantai 11 Gedung SME Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Smesco Fulfillment Center merupakan wujud nyata Smesco dalam pengembangan UKM di Indonesia, dengan kolaborasi bersama JNE dan Guyub (Gudang YukBisnis).

Smesco Fulfillment Center dimaksudkan untuk mendukung program sparctrade melalui Siren.id (Smesco Indonesia Retail Network) dalam meningkatkan transaksi produk UKM. Siren.id adalah platform dropshipper dan platform reseller untuk memperluas jaringan pemasaran produk UMKM di pasar domestik. Nantinya produk UMKM akan di pasarkan oleh puluhan ribu dropshipper dan reseller dari seluruh Indonesia.

Smesco Fulfillment Center diperkirakan berpotensi melayani UMKM hingga 4.500 UMKM yang didukung sistem warehouse center yang terintegrasi. Dengan luas mencapai 1.250 m2 serta menampung 400 unit lemari dan 2.000 level rak, Smesco Fulfillment Center mampu menyimpan 28.080 SKU dan 168.040 item produk dari para pelaku UMKM. Tentunya, fasilitas ini dapat melahirkan banyak pengusaha serta menciptakan lapangan kerja baru.

Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco, Wientor Rah Mada mengungkapkan, pengelolaan Smesco Fulfillment Center di lantai 11 gedung SME Tower ini akan mengedepankan layanan yang lebih cepat, terpercaya dan aman.

Lebih lanjut lagi, Wientor menjelaskan Smesco Fulfillment Center ini dapat membantu biaya ekspedisi UMKM menjadi lebih murah. Produk UMKM dari luar Jawa yang nantinya berada di Smesco Fulfillment Center akan mendapat kesempatan yang sama dengan produk UMKM dari Jawa itu sendiri, dimana ongkos kirim ke semua daerah di pulau Jawa akan di buat flat antara Rp 6.000 hingga Rp 9.000.

“Terutama untuk temen-temen yang di luar Jabodetabek atau di luar Jawa, yang ingin memasarkan produknya di Jawa. Ini akan sangat berguna,” jelas Wientor.

Peningkatan transaksi e-commerce yang tumbuh positif selama pandemi serta dukungan Smesco melalui Smesco Fulfillment Center harus di manfaatkan dengan baik oleh UMKM di seluruh Indonesia. Karena Smesco Fulfillment Center dapat memudahkan aktivitas distribusi barang serta mempercepat proses pengemasan dan pengiriman barang kepada pelanggan degan harga yang terjangkau.

Smesco Fulfillment Center diharapkan dapat menjadi solusi tepat bagi UMKM guna mendorong percepatan transformasi UMKM nasional, baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang.