Apotek Kimia Farma Beli Putus Rp 568 Juta Produk Herbal dan SPA UKM Smesco untuk Apoteknya

 

Total nilai Rp568 juta produk Herbal dan SPA UKM Smesco telah dibeli putus oleh Apotek Kimia Farma untuk apoteknya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini sebagai hasil sinergi antara Smesco Indonesia dan PT Kimia Farma Tbk pada Program Kimia Farma Batch #1 dalam rangka membangun pemasaran produk Herbal dan SPA UKM di seluruh Indonesia. Kerja sama ini juga merupakan tindak lanjut MoU antara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dengan Menteri BUMN Erick Thohir tentang sinergi membantu UKM ekspansi di sektor ritel.

Menteri Teten Masduki berharap sinergi ini dapat dimanfaatkan pelaku UKM di Tanah Air untuk mendapatkan akses pemasaran yang lebih luas. Sehingga, skala ekonominya lebih efisien dan menjadi katalisator perekonomian Indonesia. Selanjutnya menurut Teten, kerja sama ini sangat penting bagi para UKM karena kualitas produk UKM sudah sangat baik. Hal ini salah satu alasan Apotek Kimia Farma bersedia memasarkan produk UKM.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata menyebut, kerja sama ini disambut positif para pelaku UKM karena sistem pembayarannya tidak memberatkan. Leo menjelaskan sistem pembayarannya ialah Beli Putus dengan retur 14 hari.

“Sistem pembayaran dilakukan 14 hari setelah barang masuk. Begitu juga promosi produk akan dilakukan secara bersama-sama,” jelas Leo.

Sementara itu, Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan fasilitas display produk untuk mendukung penjualan produk UKM yang telah memenuhi standar dan selaras dengan industri 4.0.

 

 

 

 

Dari 259 UKM yang mendaftar pada Batch #1 dilakukan kurasi produk tahap pertama yang mempertimbangkan aspek kemasan telah meloloskan 174 produk dari 43 UKM. 43 UKM yang lolos tersebut selanjutnya mengikuti kurasi tahap kedua untuk verifikasi nomor BPOM yang tercantum di kemasan dengan sertifikatnya, sehingga terpilihlah 96 produk dari 30 UKM. Tahap akhir proses seleksi yang di lakukan oleh Smesco Indonesia dan Apotek Kimia Farma menghasilkan 68 produk dengan 5.466 SKU dari 20 UKM.

 

 

Purchase Order pertama dari Batch #1 diberikan Apotek Kimia Farma kepada 20 UKM yang lolos pada tanggal 26 April 2021 dengan nilai transaksi mencapai Rp. 568.995.000,-. Selanjutnya produk-produuk Batch #1 ini di sebar ke 30 cabang unit bisnis Apotek Kimia Farma.

Diharapkan pelaku UKM dengan produk Herbal dan SPA akan lebih banyak yang mendaftar pada program Smesco Indonesia X Kimia Farma Batch #2. Sehingga, akan lebih banyak lagi produk-produk UKM yang terbantu akses pasarnya melalui apotek Kimia Farma.

UKM yang ingin mengikuti seleksi program Smesco Indonesia X Kimia Farma Batch #2 dapat mendaftar dengan klik gambar dibawah ini. Tentunya UKM harus memenuhi persyaratan yang diajukan seperti sudah memiliki ijin BPOM dan masa kadaluarsa produk minimal 1 tahun.