Tahun 2022 tak terasa sudah memasuki hari kelima. Menyadarkan kita bahwa hidup terus berjalan, dan bersiap untuk segera menatap kedepan, menyongsong setiap perubahan yang akan terjadi di tahun ini.

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, menjadikan semakin maraknya fitur-fitur yang mempermudah calon pebisnis dalam memperluas jaringan bisnisnya. Hal ini harus segera dimanfaatkan dengan baik, dan dapat berpengaruh terhadap faktor bisnis yang nantinya akan di pilih.

Tidak sedikit calon pebisnis yang masih menghadapi kesulitan dalam menentukan bisnis apa yang cocok sebagai pundi-pundi pendapatannya untuk masa yang akan datang. Nah, dalam kesempatan kali ini Smesco akan membahas bisnis apa yang akan menjadi trend di tahun 2022. Yuk simak informasinya berikut ini!

Bisnis Kuliner

Seperti yang #SobatSmesco ketahui, setiap manusia dapat dipastikan butuh akan asupan makanan mulai dari pagi hari hingga malam hari. Kebutuhan akan asupan makanan ini yang menjadikan bisnis di bidang kuliner tidak akan pernah lekang oleh waktu.

Hanya saja menjalani bisnis kuliner bisa di bilang “susah-susah gampang”. Bisnis kuliner harus mengikuti trend yang ada, dan tahu bagaimana cara menjualnya dengan baik. Bisnis kuliner yang sangat laris dan banyak diminati di tahun 2021 adalah dimsum, toast and sandwich, soft cookies, cilok pedas, donat crispy, tahu crispy, sei sapi, disert box, roti kukus, tahu walik, pisang goreng madu, nasi kulit, croffle, dan minuman boba.

Membuka bisnis kuliner tidak hanya terpaku pada produk yang dijual, namun juga promosi secara continue. Salah satu marketplace yang identik dengan warna orange telah menyusul dua platform transportasi online yang memanjakan penggunanya dengan menambah fitur untuk pemesanan makanan secara online. Paltform dan marketplace online ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pebisnis di bidang kuliner.

Dengan bergabung dan memasarkan menunya di platform online, hal yang harus dipersiapkan untuk menarik minat pembeli adalah foto produk, dalam hal ini makanan yang dijual. Disamping mempersiapkan foto makanan dan memasang iklan, sosial media juga menjadi strategi jitu untuk menarik pelanggan baru. Dan jangan lupa untuk memberikan diskon yang menarik bagi pembeli.

 

Bisnis Produk Kecantikan

“Cantik” merupakan kata terindah yang diharapkan oleh para wanita. Memulai bisnis dengan menjual produk-produk kecantikan bisa menjadi ladang pendapatan yang lumayan menjanjikan. Hampir setiap wanita butuh menjadi cantik dan diakui cantik, dengan menggunakan berbagai produk-produk kecantikan yang ada.

Untuk terjun dalam bisnis produk kecantikan tidaklah mudah. Harus melewati berbagai uji untuk menghasilkan produk yang baik dan diterima oleh masyarakat. Namun, tidak memiliki produk pun #SobatSmesco masih bisa masuk dalam bisnis produk kecantikan, dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Untuk menjadi reseller atau dropshipper, hal pertama yang harus #SobatSmesco lakukan adalah riset untuk mencari suplier produk kecantikan yang terpercaya. Selain itu, harus dipastikan bahwa produk kosmetik, perawatan kulit, dan produk kecantikan lainnya sudah memiliki kualitas yang baik dan memiliki izin dari BPOM.

#SobatSmesco juga bisa memanfaatkan platform reseller dan dropshipper yang Smesco miliki, yaitu Siren.id.

Menjadi Youtuber dan Influencer

Menjadi Youtuber dan Influencer, mungkin ladang uang yang paling disukai oleh banyak orang. Dimana, untuk menjadi seorang youtuber dan influencer tidak harus mempunyai skill yang unggul. Hanya diperlukan pengetahuan di bidang digital, kecuali memang #SobatSmesco memiliki keahlian khusus dan ingin berbagi dengan orang banyak.

Untuk mencapai tahap menjadi influencer pun sebenarnya sangat mudah, asal tahu kuncinya, yaitu “konsisten upload konten” dan “bagaimana caranya membuat orang tertarik dengan channel Youtube, akun Instagram, dan platform media sosial lainnya?”

Sebagai permulaan, #SobatSmesco hanya perlu menjadi orang yang sering bahas suatu hal viral. Berikan saja opini sederhana untuk masalah tersebut. Pokoknya apapun yang sedang viral, #SobatSmesco harus buat kontennya!

Semakin sering membuat konten, otomatis angka subscriber dan followers pun akan terus meningkat dan #SobatSmesco bisa mulai menerima endorse secara terus menerus hingga akhirnya menjadi seorang youtuber dan influencer yang sukses.

Itulah beberapa bisnis yang dapat #SobatSmesco jalani di tahun 2022 ini. Sejatinya bisnis apapun pasti akan ada banyak tantangannya. Hal terpenting adalah bagaimana #SobatSmesco yakin dan berjuang untuk menghidupkan bisnis yang nantinya akan dijalani dengan sepenuh hati.