Mitra Kami

Selamat Datang di

Pusat Layanan UKM Smesco Indonesia

Smesco Indonesia adalah lembaga resmi di bawah Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang bertugas untuk membantu akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah. Silakan hubungi kami melalui saluran komunikasi di bawah ini.

Data UKM di Indonesia

UKM terdaftar dari seluruh wilayah Indonesia

101093

94484

Mikro (93%)

6066

Kecil (6%)

543

Menengah (1%)
Daftarkan usaha anda menjadi mitra Smesco > Daftar Disini!

Peta Sebaran UKM di Indonesia

Silakan klik peta Indonesia di sebelah untuk mendapatkan data yang lengkap tentang sebaran UKM di Indonesia

Lihat Detail
Audit Mandiri CPPOB

Mau daftar BPOM khususnya untuk Produk Pangan Olahan ? Yuk coba lakukan Audit Mandiri Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB) terlebih dahulu.

Smesco Fulfillment Center

Smesco Fulfillment Center adalah gudang penyimpanan barang untuk membantu para pelaku UKM untuk menyimpan barang, packing dan pengiriman yang akan dilakukan oleh tim Profesional Smesco Fulfillment Center.

Pembuatan Badan Usaha

Smesco Indonesia bekerja sama dengan Kontrak Hukum untuk membantu UKM dalam proses pembuatan legalitas badan usaha dengan mudah dan cepat.

Program Kami

Smesco Indonesia mengembangkan SPARC®️ Programs sebagai program unggulan dalam melayani KUKM di seluruh Indonesia yang terdiri dari SPARCTRAC®️, SPARCCAMPUS®️ dan SPARCTRADE®️

/ 01

Sparc Trac

Platform IKU digital bagi para pelaku UKM untuk mengukur apakah sebuah UKM telah naik kelas dan efektivitas program-program Sparc dalam upaya tersebut. Selain itu platform ini juga bertujuan untuk dapat menjadi dasar pertimbangan bagi rekan pembiayaan untuk memberikan pendanaan kepada sebuah UKM....

Lihat Detail
/ 02

Sparc Trade

Platform perdagangan yang bertujuan untuk membantu mempertemukan antara pasokan dan permintaan. Berbeda dengan platform seperti e-commerce atau marketplace, platform ini mendorong pihak penjual atau UKM sebagai pihak yang aktif mencari pembeli melalui daftar permintaan yang dibuat oleh para pembe...

Lihat Detail
/ 03

Sparc Trade

Platform perdagangan yang bertujuan untuk membantu mempertemukan antara pasokan dan permintaan. Berbeda dengan platform seperti e-commerce atau marketplace, platform ini mendorong pihak penjual atau UKM sebagai pihak yang aktif mencari pembeli melalui daftar permintaan yang dibuat oleh para pembe...

Lihat Detail
thumbnail
Bisnis Travel Masa Kini dan Mengelola Open Trip yang Menguntungkan
thumbnail
Segudang Manfaat UKM Memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha)
thumbnail
Webinar Smesco x Kontrak Hukum - Bikin PT Lebih Cepat dari Buat Kopi!
thumbnail
Kini Urus Hak Merek, Tak Lagi Sulit Tak Lagi Rumit

Berita Terbaru

Perluas jangkauan Pasar Domestik UMKM, SMESCO dan Hotel Borobudur Kolaborasi Lewat Bazar Ramadhan 2024
Jakarta - Smesco Indonesia menggandeng Hotel Borobudur untuk memperluas pasar dan meningkatkan omzet pelaku UMKM lewat Bazar Ramadhan 2024 yang diselenggarakan 8 Maret-5 April di area publik Hotel Borobudur Jakarta. “Penetrasi pasar selama bulan Ramadhan ini merupakan pengembangan multi peran Smesco sebagai sayap dagang Kementerian Koperasi dan UKM,” ujar Direktur Bisnis dan Pemasaran Wientor Rah Mada dalam keterangan Persnya 4/4 di Jakarta, Kamis. Wientor mengatakan Smesco semakin dipercaya menjadi sayap dagang UMKM yang membawa UMKM berumbuh naik kelas, bertahap demi tahap dengan membuka akses pasar bagi UMKM yang tergabung dalam ekosistem Smesco. Bazar Ramadhan di Hotel Borobudur, lanjutnya, juga menjadi salah satu  sarana pemerintah mendekatkan produk-produk UMKM dengan masyarakat kalangan menengah ke atas. Produk UMKM yang dipamerkan pun juga produk yang telah dikurasi, sehingga cocok untuk kalangan menengah ke atas. “Saya optimis kalau kita bisa terus meningkatkan omzet pelaku UMKM dengan cara mendekatkan pelaku UMKM ke market seperti yang kita lakukan sekarang secara berkeliling melakukan bazar, pop up untuk mendukung dan meningkatkan omset para pelaku UMKM, lambat laun produk UMKM juga akan digunakan oleh masyarakat menengah atas,” ucap Wientor. Ia mengatakan, kolaborasi ini juga dalam rangka merayakan ulang tahun Hotel Borobudur ke-50, sehingga dengan berbagai kegiatan event yang dilakukan Hotel Borobudur, UMKM peserta bazar akan berada dalam kondisi lingkungan pasar yang equilibrium, ujar Wientor. “Ada lima produk terlaku yang berhasil mencuri hati customer selama bazar Ramadhan yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, diantaranya Ulos Sadum, Bawang Goreng Mbok Sri, Choco Almond, Peci Bulat serta tempat tissue dan  transaksi berhasil membukukan transaksi mendekati Rp. 20 juta,” dikatakan Wientor. Senada dengan Wientor, Karina Eva Poetry, Director of Marketing Communication Hotel Borobudur Jakarta, dalam keterangan resminya mengatakan Hotel Borobudur sebagai perayaan atas tonggak sejarah 50 tahun yang signifikan ini, mengusung tema ‘Discover Tapestry of Culture and Peace’ dengan slogan ‘Connection Through Diversity’ ini dengan gembira mempersembahkan kolaborasi dengan Masjid Istiqlal dan Forum Pembaruan Kebangsaan serta Smesco Indonesia. “Pada kesempatan ini, diselenggarakan bazar yang memamerkan 50 UMKM di area Timor, Flores B, Flores Foyer dan Lobi Utama Hotel. Pagelaran yang terbuka untuk umum menampilkan beragam produk dan hidangan khas yang mewakili kekayaan budaya Indonesia,” pungkasnya. (AS/Ay)
Ini 5 Peluang Bisnis yang Patut untuk Kamu Coba
  Tahun 2024 telah memasuki bulan kedua, dan mungkin banyak calon pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tengah mencari berbagai peluang bisnis untuk berkembang dan meraih kesuksesan di tengah dinamika pasar yang terus berubah. Saat mencari peluang bisnis, riset pasar menjadi bagian terpenting dalam pengambilan keputusan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Nah, agar tidak salah langkah nih Sobat Smesco, Kamu harus tahu beberapa peluang bisnis menjanjikan yang mungkin cocok dan bisa dipertimbangkan untuk dijalankan. Itu sebabnya Smesco merangkum beberapa peluang bisnis untuk membantu Kamu dalam menentukan pilihan yang tepat. Berikut ini lima peluang bisnis tersebut: Produk Kesehatan, Herbal dan Wellness Potensi bisnis dalam produk kesehatan, herbal dan wellness terus berkembang di Indonesia. Penggunaan bahan alami dalam obat-obatan tradisional menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Produk-produk seperti suplemen makanan, teh herbal, minyak aromaterapi, dan produk perawatan tubuh alami memiliki pangsa pasar yang cukup menjanjikan. Mengetahui regulasi terkait dan tren konsumen dalam bidang ini sangat penting. Hal ini akan membantu Anda untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pasar. Baca Peraturan BPOM Nomor 30 Tahun 2023 tentang Pedoman Klaim Khasiat Obat Bahan Alam disini Beberapa tren pasar kesehatan dan wellness meliputi beberapa hal, yaitu: Pengunaan teknologi dalam layanan kesehatan yang semakin meningkat (telemedis, aplikasi kesehatan, solusi digital untuk pemantauan dan konsultasi jarak jauh); Tes dan analisis DNA untuk memberikan saran nutrisi yang dipersonalisasi; Aplikasi, platform internet, dan layanan yang ditujukan untuk kesehatan mental, pengurangan stres, dan perhatian; Teknologi dalam upaya meningkatkan keseluruhan pengalaman latihan pada bisnis kebugaran dalam memantau kinerja dan memberikan umpan balik secara real-time; Yoga, meditasi, dan pengobatan alterrnatif semakin populer; Konsumen lebih memperhatikan label produk, mencari komponen yang bersih dan alami; Konsumen lebih peduli terhadap dampak lingkungan dan sosial dari produk yang mereka beli. Produk Kecantikan Dengan jumlah populasi perempuan yang signifikan di Indonesia, produk kecantikan tetap menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan. Mulai dari skincare hingga makeup, permintaan akan produk-produk kecantikan terus meningkat setiap tahunnya. Untuk mendapatkan produk dengan kualitas baik, Sobat Smesco dapat memanfaatkan layanan makloon yang secara konsisten terus memperhatikan regulasi dari BPOM. Memahami tren dan keinginan konsumen dalam hal perawatan kulit dan makeup akan menjadi kunci keberhasilan dalam bisnis ini. Dilansir dari StartUs Insights, tren terkait skincare mencakup beberapa hal, antara lain: Skincare untuk melindungi kulit dari paparan polutan dan radikal bebas; Skincare dari dalam berupa suplemen dengan bahan-bahan seperti vitamin, kolagen, dan antioksidan; Produk skincare yang memiliki jejak karbon lebih rendah dan kemasan ramah lingkungan, serta teknologi produksi yang berkelanjutan; Produk yang cocok dengan berbagai jenis atau permasalahan kulit dan warna kulit yang berbeda, dengan artian menciptakan produk yang cocok untuk semua orang; Penggunaan AI dalam formulasi produk perawatan kulit yang menggunakan analisis data dan machine learning untuk menyesuaikan skincare secara personal. Produk Fashion Industri fashion selalu berubah dan berkembang seiring waktu. Sobat Smesco dapat mengambil peluang ini dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Inovasi dalam desain dan strategi pemasaran yang tepat akan membantu bisnis fashion berkembang. Selain itu, pemasaran online juga menjadi kunci sukses dalam menjual produk fashion di era digital ini. Dengan meningkatnya preferensi konsumen untuk berbelanja secara online, Kamu harus memanfaatkan platform-platform digital untuk memperluas jangkauan pasar. Berikut beberapa hal yang akan hype di dunia fashion: Pakaian multifungsi dengan desain yang praktis dan dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti pakaian yang bisa di ubah bentuk dan fungsinya untuk acara formal dan santai; Gabungan elemen retro dan vintage dengan sentuhan modern untuk menciptakan gaya yang unik; Integrasi teknologi ke dalam pakaian, seperti pakaian pintar (smart clothing) dengan sensor, dan pakaian dengan teknologi pemantau kesehatan; Fashion berkelanjutan yang peduli terhadap lingkungan dengan menggunakan bahan ramah lingkungan dan praktik etis terhadap rantai pasok. Pertanian dan Perikanan Bisnis di sektor pertanian dan perikanan menawarkan peluang yang besar bagi Kamu, terutama dengan meningkatnya permintaan akan produk organik dan berkelanjutan. Mulai dari tanaman hingga hasil laut, pasar untuk produk-produk ini terus berkembang. Di sektor pertanian, Kamu bisa mencoba bisnis tanaman hias yang akan populer seperti Hoya Carnosa Krimson Princess, Philodendron Moonlight, Dragon Scale Alocasia, Monstera Subpinnata, Anthurium Crysallinum, dan Pink Syngonium. Selain itu, Kamu juga bisa mencoba bisnis sayur-mayur organik, penjualan bibit sayur-mayur, dan budidaya jamur tiram. Sedangkan di sektor perikanan, beberapa bisnis yang cukup menjanjikan adalah budidaya ikan air tawar dan ikan air laut, pembenihan ikan dan udang, supplier ikan dan udang segar, hingga bisnis pemancingan. Teknologi modern dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam meningkatkan efisiensi bisnis di sektor pertanian dan perikanan. Kamu dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mengelola bisnis menjadi lebih baik, mulai dari manajemen pasok hingga pemasaran produk. Beberapa startup yang memanfaatkan teknologi di bidang perikanan adalah Efishery dengan inovasi smart reader, Jalatech yang berfokus pada budidaya udang, Aruna yang membangun ekosistem perikanan, Fishlog dengan transformasi rantai pasok perikanan, Banoo dengan teknologi sensor kualitas air IoT, dan Venambak yang hadir dalam menejemen teknologi RAS (Recirculating Aquaculture System). Produk Digital Dengan penetrasi internet yang semakin luas di Indonesia, produk digital memiliki pangsa pasar yang besar. Mulai dari aplikasi hingga konten digital, ada banyak peluang untuk menciptakan produk yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Penting bagi Kamu untuk melakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami kebutuhan pengguna. Dengan memahami tren dan preferensi pengguna, Kamu dapat menciptakan produk digital dan menjadi startup yang diminati dan berhasil dipasaran. Sebagai contoh, Dihqon Nadaamist salah satu alumni IPB, memulai perjalanan bisnisnya sejak dibangku kuliah dengan memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ide startup Celansheet muncul saat ia menawarkan jasa kebersihan kepada salah satu dosen IPB yang sibuk. Ia menyadari bahwa banyak orang karena kesibukannya tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah mereka sendiri.   Nah Sobat Smesco, dengan memilih salah satu atau beberapa dari peluang bisnis di atas, Kamu sudah selangkah dalam meraih kesuksesan di tahun 2024. Namun, kunci utamanya tetap pada prosesnya, dibutuhkan keseriusan, inovasi, dan ketekunan dalam menjalankan bisnis. Tetap semangat menggapai cuan di 2024!    
Ssstt…! Temukan Strategi Ampuh untuk Meningkatkan Usahamu!
Memasuki tahun 2024, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masih menjadi kekuatan utama dalam menopang perekonomian nasional. Hal ini karena UMKM dinilai lebih kuat menghadapi krisis global dibandingkan dengan bisnis lainnya. Selain jumlahnya yang mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha di Indonesia, UMKM juga berkontribusi sebesar 60,5% terhadap PDB dan menyerap sekitar 97% tenaga kerja. Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini UMKM dituntut untuk terus beradaptasi dengan melakukan berbagai inovasi sesuai dengan berubahnya tren dan perkembangan zaman. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah dimana UMKM menghadapi persaingan pasar dengan hadirnya produk-produk crossborder. UMKM perlu untuk menciptakan produk lokal yang bagus dan mampu bersaing. Tahun 2024, dengan berubahnya tren pasar, UMKM dituntut untuk dapat mampu berdiri dan melewati derasnya arus pasar yang begitu kompleks. Perlu adanya road map yang menunjukkan peluang pertumbuhan, inovasi, dan keberlanjutan. Hal ini guna membantu UMKM dalam perjalanan mereka menuju kesejahteraan di masa yang akan datang.   Oleh karena itu, kali ini Smesco merangkum beberapa strategi yang harus diketahui oleh UMKM dalam menghadapi dinamika usaha di tahun 2024. Yuk simak informasinya berikut ini. Kolaborasi Berkaca pada kesuksesan kolaborasi sederet jenama di tanah air, strategi ini dipastikan akan terus berlanjut di 2024. Sebagai contoh, jenama sepatu lokal asal Klaten, Aerostreet, sukses melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik itu jenama maupun pemilik lisensi secara legal. Biasanya produk sepatu berkolaborasi dengan produk-produk fashion lain sehingga kedua jenama bisa matching saat dikenakan, Aerostreet melakukan kolaborasi out of the box namun tetap stylish dan mampu mencuri perhatian penggemarnya dengan mengeluarkan stok terbatas sebanyak 5.000 pcs yang bahkan bisa ludes dalam hitungan menit . Meski terlihat cukup menjanjikan, namun kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal apabila ingin melakukan kolaborasi, mengingat strategi ini wajib memberikan win-win solution atau keuntungan yang setara, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan karena merupakan kesepakatan bersama. Beberapa hal tersebut seperti memilih partner kolaborasi yang kredibel, mampu membaca apa yang konsumen inginkan, dan memilih serta menciptakan waktu yang tepat. Digitalisasi Ketika ekosistem digital berkembang dan semakin mudah diakses, banyak UMKM yang terdorong untuk beralih ke digital. Melalui inisiatif dan proses menuju digital ini, diharapkan banyak UMKM yang mampu meningkatkan jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatannya. Menariknya, pemerintah juga menargetkan UMKM dan pasar tradisional di kota-kota kecil untuk melakukan digitalisasi dengan target 2024 sebanyak 30 juta UMKM go digital. Saat ini sudah ada 27 juta UMKM masuk ekosistem digital. Bagi UMKM yang belum go digital, tahun 2024 menjadi waktu yang tepat bagimu untuk meng-upgrade usahamu dalam meningkatkan jangkauan pemasaran seperti di media sosial ataupun market place untuk meningkatkan omset dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang ada. Seperti Beni Santoso, pemilik usaha IniTempe asal Bali yang telah mampu menyasar pasar lokal dengan memasarkan produk tempenya keluar pulau Bali dengan memanfaatkan platform digital. Penggunaan AI Semakin maraknya penggunaan Artificial Intelegence (AI) dipandang menjadi ancaman bagi beberapa pihak dikarenakan dapat menggeser peran manusia. Namun, banyak pihak yang tetap memandang positif AI sebagai salah satu bentuk teknologi yang memudahkan banyak orang, termasuk pelaku UMKM. Kehadiran AI di sini dapat digunakan pelaku UMKM dalam pencarian ide konten pada media sosial, meneliti tren penjualan, dan merencanakan rencana bisnis kedepan. Tidak berhenti di situ, UMKM diharapkan bisa memanfaatkan teknologi AI untuk menunjang usahanya dengan memanfaatkan integrasi AI kedalam aplikasi seperti manajemen stok hingga keuangan usaha, sehingga akan membuat operasional menjadi lebih mudah. Penggunaan Produk Organik yang Lebih Sehat Dengan tingkat kesadaran kesehatan yang lebih tinggi dan minat konsumen terhadap produk organik yang terus meningkat, mendorong UMKM untuk berinovasi membuat, memproses dan mengemas produk dengan berbagai jenis kemasan yang ramah lingkungan sehingga lebih aman dan lebih bersih. Hal tersebut adalah untuk meraih pasar yang peduli terhadap kesehatan dan kebersihan. Selain buah dan sayur, produk organik juga sudah merambah ke pangan lainnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya tempe organik yang di produksi oleh Vanessa Andriana, pemilik usaha TempeKita. Tempe organik adalah tempe yang terbuat dari kedelai lokal yang tumbuh secara alami dan bukan hasil rekayasa genetik atau non GMO sehingga dinilai lebih sehat untuk dikonsumsi. Tahun 2024 menjadi waktu bagimu untuk mempertimbangkan penggunaan bahan baku organik dalam proses produksi atau bahkan mengembangkan produk organik baru. Sebagai pemilik uasha, beberapa alasan kuat untuk beralih ke bahan organik ialah tingginya permintaan konsumen, mendukung keberlanjutan dan ramah lingkungan, dan memastikan keamanan produk. Pengiriman Same Day Dilatarbelakangi pandemi Covid-19, dimana merubah kecenderungan orang melakukan berbagai kegiatan seperti bekerja, berbisnis dan berbelanja melalui platform digital. Bahkan dalam berbelanja secara digital metode pengiriman yang dilakukan adalah melalui kurir dan serba praktis. Sehingga berlanjut dengan kebutuhan kurir pengantar yang lebih cepat dan sampai pada hari yang sama. Meski mungkin biaya pengiriman jadi sedikit lebih mahal, namun konsumen bisa menghemat waktu pengiriman. Dengan adanya same day delivery pada platform digital, maka dapat disimpulkan bahwa hal ini akan semakin kuat di tahun 2024, terlebih dengan meningkatnya ekspektasi konsumen untuk bisa menerima produk secara cepat. Kamu hanya perlu memastikan usahamu menawarkan layanan same day delivery pada toko online-mu di e-commerce agar tidak kalah saing dan menjadi salah satu faktor konsumen memilih produkmu dibanding produk lain yang sejenis.   Itulah beberapa strategi yang bisa kamu coba. Pastikan dirimu siap dan mampu beradaptasi dalam menghadapi berbagai perubahan agar tahun 2024 menjadi tahun yang baik dan cerah untuk usahamu!
Asli188 Asli188 Toto Macau Agen Bola Pedia77 Euro 2024 Asli188 Asli188 Pedia77 Pedia77 Pedia77 Pedia77 Nagahoki303 Indo877 https://167.99.177.83/ Dewahoki303 Dewahoki303 https://ngelink.id/hotelvillaamorsayulita.com https://ngelink.id/millpondbread.com https://ngelink.id/albaluna-bg.com https://ngelink.id/milestostyle.com https://ngelink.id/pourlhistoire.com