Tahun 2024 telah memasuki bulan kedua, dan mungkin banyak calon pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tengah mencari berbagai peluang bisnis untuk berkembang dan meraih kesuksesan di tengah dinamika pasar yang terus berubah.

Saat mencari peluang bisnis, riset pasar menjadi bagian terpenting dalam pengambilan keputusan untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Nah, agar tidak salah langkah nih Sobat Smesco, Kamu harus tahu beberapa peluang bisnis menjanjikan yang mungkin cocok dan bisa dipertimbangkan untuk dijalankan. Itu sebabnya Smesco merangkum beberapa peluang bisnis untuk membantu Kamu dalam menentukan pilihan yang tepat. Berikut ini lima peluang bisnis tersebut:

Produk Kesehatan, Herbal dan Wellness

Potensi bisnis dalam produk kesehatan, herbal dan wellness terus berkembang di Indonesia. Penggunaan bahan alami dalam obat-obatan tradisional menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Produk-produk seperti suplemen makanan, teh herbal, minyak aromaterapi, dan produk perawatan tubuh alami memiliki pangsa pasar yang cukup menjanjikan.

Mengetahui regulasi terkait dan tren konsumen dalam bidang ini sangat penting. Hal ini akan membantu Anda untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pasar.

Baca Peraturan BPOM Nomor 30 Tahun 2023 tentang Pedoman Klaim Khasiat Obat Bahan Alam disini

Beberapa tren pasar kesehatan dan wellness meliputi beberapa hal, yaitu:

  • Pengunaan teknologi dalam layanan kesehatan yang semakin meningkat (telemedis, aplikasi kesehatan, solusi digital untuk pemantauan dan konsultasi jarak jauh);
  • Tes dan analisis DNA untuk memberikan saran nutrisi yang dipersonalisasi;
  • Aplikasi, platform internet, dan layanan yang ditujukan untuk kesehatan mental, pengurangan stres, dan perhatian;
  • Teknologi dalam upaya meningkatkan keseluruhan pengalaman latihan pada bisnis kebugaran dalam memantau kinerja dan memberikan umpan balik secara real-time;
  • Yoga, meditasi, dan pengobatan alterrnatif semakin populer;
  • Konsumen lebih memperhatikan label produk, mencari komponen yang bersih dan alami;
  • Konsumen lebih peduli terhadap dampak lingkungan dan sosial dari produk yang mereka beli.

Produk Kecantikan

Dengan jumlah populasi perempuan yang signifikan di Indonesia, produk kecantikan tetap menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan. Mulai dari skincare hingga makeup, permintaan akan produk-produk kecantikan terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk mendapatkan produk dengan kualitas baik, Sobat Smesco dapat memanfaatkan layanan makloon yang secara konsisten terus memperhatikan regulasi dari BPOM. Memahami tren dan keinginan konsumen dalam hal perawatan kulit dan makeup akan menjadi kunci keberhasilan dalam bisnis ini.

Dilansir dari StartUs Insights, tren terkait skincare mencakup beberapa hal, antara lain:

  • Skincare untuk melindungi kulit dari paparan polutan dan radikal bebas;
  • Skincare dari dalam berupa suplemen dengan bahan-bahan seperti vitamin, kolagen, dan antioksidan;
  • Produk skincare yang memiliki jejak karbon lebih rendah dan kemasan ramah lingkungan, serta teknologi produksi yang berkelanjutan;
  • Produk yang cocok dengan berbagai jenis atau permasalahan kulit dan warna kulit yang berbeda, dengan artian menciptakan produk yang cocok untuk semua orang;
  • Penggunaan AI dalam formulasi produk perawatan kulit yang menggunakan analisis data dan machine learning untuk menyesuaikan skincare secara personal.

Produk Fashion

Industri fashion selalu berubah dan berkembang seiring waktu. Sobat Smesco dapat mengambil peluang ini dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Inovasi dalam desain dan strategi pemasaran yang tepat akan membantu bisnis fashion berkembang.

Selain itu, pemasaran online juga menjadi kunci sukses dalam menjual produk fashion di era digital ini. Dengan meningkatnya preferensi konsumen untuk berbelanja secara online, Kamu harus memanfaatkan platform-platform digital untuk memperluas jangkauan pasar.

Berikut beberapa hal yang akan hype di dunia fashion:

  • Pakaian multifungsi dengan desain yang praktis dan dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti pakaian yang bisa di ubah bentuk dan fungsinya untuk acara formal dan santai;
  • Gabungan elemen retro dan vintage dengan sentuhan modern untuk menciptakan gaya yang unik;
  • Integrasi teknologi ke dalam pakaian, seperti pakaian pintar (smart clothing) dengan sensor, dan pakaian dengan teknologi pemantau kesehatan;
  • Fashion berkelanjutan yang peduli terhadap lingkungan dengan menggunakan bahan ramah lingkungan dan praktik etis terhadap rantai pasok.

Pertanian dan Perikanan

Bisnis di sektor pertanian dan perikanan menawarkan peluang yang besar bagi Kamu, terutama dengan meningkatnya permintaan akan produk organik dan berkelanjutan. Mulai dari tanaman hingga hasil laut, pasar untuk produk-produk ini terus berkembang.

Di sektor pertanian, Kamu bisa mencoba bisnis tanaman hias yang akan populer seperti Hoya Carnosa Krimson Princess, Philodendron Moonlight, Dragon Scale Alocasia, Monstera Subpinnata, Anthurium Crysallinum, dan Pink Syngonium. Selain itu, Kamu juga bisa mencoba bisnis sayur-mayur organik, penjualan bibit sayur-mayur, dan budidaya jamur tiram.

Sedangkan di sektor perikanan, beberapa bisnis yang cukup menjanjikan adalah budidaya ikan air tawar dan ikan air laut, pembenihan ikan dan udang, supplier ikan dan udang segar, hingga bisnis pemancingan.

Teknologi modern dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam meningkatkan efisiensi bisnis di sektor pertanian dan perikanan. Kamu dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mengelola bisnis menjadi lebih baik, mulai dari manajemen pasok hingga pemasaran produk.

Beberapa startup yang memanfaatkan teknologi di bidang perikanan adalah Efishery dengan inovasi smart reader, Jalatech yang berfokus pada budidaya udang, Aruna yang membangun ekosistem perikanan, Fishlog dengan transformasi rantai pasok perikanan, Banoo dengan teknologi sensor kualitas air IoT, dan Venambak yang hadir dalam menejemen teknologi RAS (Recirculating Aquaculture System).

Produk Digital

Dengan penetrasi internet yang semakin luas di Indonesia, produk digital memiliki pangsa pasar yang besar. Mulai dari aplikasi hingga konten digital, ada banyak peluang untuk menciptakan produk yang dibutuhkan oleh pengguna internet.

Penting bagi Kamu untuk melakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami kebutuhan pengguna. Dengan memahami tren dan preferensi pengguna, Kamu dapat menciptakan produk digital dan menjadi startup yang diminati dan berhasil dipasaran.

Sebagai contoh, Dihqon Nadaamist salah satu alumni IPB, memulai perjalanan bisnisnya sejak dibangku kuliah dengan memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ide startup Celansheet muncul saat ia menawarkan jasa kebersihan kepada salah satu dosen IPB yang sibuk. Ia menyadari bahwa banyak orang karena kesibukannya tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah mereka sendiri.

 

Nah Sobat Smesco, dengan memilih salah satu atau beberapa dari peluang bisnis di atas, Kamu sudah selangkah dalam meraih kesuksesan di tahun 2024. Namun, kunci utamanya tetap pada prosesnya, dibutuhkan keseriusan, inovasi, dan ketekunan dalam menjalankan bisnis. Tetap semangat menggapai cuan di 2024!