Memasuki tahun 2024, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masih menjadi kekuatan utama dalam menopang perekonomian nasional. Hal ini karena UMKM dinilai lebih kuat menghadapi krisis global dibandingkan dengan bisnis lainnya. Selain jumlahnya yang mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha di Indonesia, UMKM juga berkontribusi sebesar 60,5% terhadap PDB dan menyerap sekitar 97% tenaga kerja.

Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini UMKM dituntut untuk terus beradaptasi dengan melakukan berbagai inovasi sesuai dengan berubahnya tren dan perkembangan zaman. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah dimana UMKM menghadapi persaingan pasar dengan hadirnya produk-produk crossborder. UMKM perlu untuk menciptakan produk lokal yang bagus dan mampu bersaing.

Tahun 2024, dengan berubahnya tren pasar, UMKM dituntut untuk dapat mampu berdiri dan melewati derasnya arus pasar yang begitu kompleks. Perlu adanya road map yang menunjukkan peluang pertumbuhan, inovasi, dan keberlanjutan. Hal ini guna membantu UMKM dalam perjalanan mereka menuju kesejahteraan di masa yang akan datang.

 

Oleh karena itu, kali ini Smesco merangkum beberapa strategi yang harus diketahui oleh UMKM dalam menghadapi dinamika usaha di tahun 2024. Yuk simak informasinya berikut ini.

Kolaborasi

Berkaca pada kesuksesan kolaborasi sederet jenama di tanah air, strategi ini dipastikan akan terus berlanjut di 2024. Sebagai contoh, jenama sepatu lokal asal Klaten, Aerostreet, sukses melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik itu jenama maupun pemilik lisensi secara legal.

Biasanya produk sepatu berkolaborasi dengan produk-produk fashion lain sehingga kedua jenama bisa matching saat dikenakan, Aerostreet melakukan kolaborasi out of the box namun tetap stylish dan mampu mencuri perhatian penggemarnya dengan mengeluarkan stok terbatas sebanyak 5.000 pcs yang bahkan bisa ludes dalam hitungan menit .

Meski terlihat cukup menjanjikan, namun kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal apabila ingin melakukan kolaborasi, mengingat strategi ini wajib memberikan win-win solution atau keuntungan yang setara, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan karena merupakan kesepakatan bersama. Beberapa hal tersebut seperti memilih partner kolaborasi yang kredibel, mampu membaca apa yang konsumen inginkan, dan memilih serta menciptakan waktu yang tepat.

Digitalisasi

Ketika ekosistem digital berkembang dan semakin mudah diakses, banyak UMKM yang terdorong untuk beralih ke digital. Melalui inisiatif dan proses menuju digital ini, diharapkan banyak UMKM yang mampu meningkatkan jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatannya. Menariknya, pemerintah juga menargetkan UMKM dan pasar tradisional di kota-kota kecil untuk melakukan digitalisasi dengan target 2024 sebanyak 30 juta UMKM go digital. Saat ini sudah ada 27 juta UMKM masuk ekosistem digital.

Bagi UMKM yang belum go digital, tahun 2024 menjadi waktu yang tepat bagimu untuk meng-upgrade usahamu dalam meningkatkan jangkauan pemasaran seperti di media sosial ataupun market place untuk meningkatkan omset dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang ada. Seperti Beni Santoso, pemilik usaha IniTempe asal Bali yang telah mampu menyasar pasar lokal dengan memasarkan produk tempenya keluar pulau Bali dengan memanfaatkan platform digital.

Penggunaan AI

Semakin maraknya penggunaan Artificial Intelegence (AI) dipandang menjadi ancaman bagi beberapa pihak dikarenakan dapat menggeser peran manusia. Namun, banyak pihak yang tetap memandang positif AI sebagai salah satu bentuk teknologi yang memudahkan banyak orang, termasuk pelaku UMKM.

Kehadiran AI di sini dapat digunakan pelaku UMKM dalam pencarian ide konten pada media sosial, meneliti tren penjualan, dan merencanakan rencana bisnis kedepan. Tidak berhenti di situ, UMKM diharapkan bisa memanfaatkan teknologi AI untuk menunjang usahanya dengan memanfaatkan integrasi AI kedalam aplikasi seperti manajemen stok hingga keuangan usaha, sehingga akan membuat operasional menjadi lebih mudah.

Penggunaan Produk Organik yang Lebih Sehat

Dengan tingkat kesadaran kesehatan yang lebih tinggi dan minat konsumen terhadap produk organik yang terus meningkat, mendorong UMKM untuk berinovasi membuat, memproses dan mengemas produk dengan berbagai jenis kemasan yang ramah lingkungan sehingga lebih aman dan lebih bersih. Hal tersebut adalah untuk meraih pasar yang peduli terhadap kesehatan dan kebersihan.

Selain buah dan sayur, produk organik juga sudah merambah ke pangan lainnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya tempe organik yang di produksi oleh Vanessa Andriana, pemilik usaha TempeKita. Tempe organik adalah tempe yang terbuat dari kedelai lokal yang tumbuh secara alami dan bukan hasil rekayasa genetik atau non GMO sehingga dinilai lebih sehat untuk dikonsumsi.

Tahun 2024 menjadi waktu bagimu untuk mempertimbangkan penggunaan bahan baku organik dalam proses produksi atau bahkan mengembangkan produk organik baru. Sebagai pemilik uasha, beberapa alasan kuat untuk beralih ke bahan organik ialah tingginya permintaan konsumen, mendukung keberlanjutan dan ramah lingkungan, dan memastikan keamanan produk.

Pengiriman Same Day

Dilatarbelakangi pandemi Covid-19, dimana merubah kecenderungan orang melakukan berbagai kegiatan seperti bekerja, berbisnis dan berbelanja melalui platform digital. Bahkan dalam berbelanja secara digital metode pengiriman yang dilakukan adalah melalui kurir dan serba praktis. Sehingga berlanjut dengan kebutuhan kurir pengantar yang lebih cepat dan sampai pada hari yang sama. Meski mungkin biaya pengiriman jadi sedikit lebih mahal, namun konsumen bisa menghemat waktu pengiriman.

Dengan adanya same day delivery pada platform digital, maka dapat disimpulkan bahwa hal ini akan semakin kuat di tahun 2024, terlebih dengan meningkatnya ekspektasi konsumen untuk bisa menerima produk secara cepat. Kamu hanya perlu memastikan usahamu menawarkan layanan same day delivery pada toko online-mu di e-commerce agar tidak kalah saing dan menjadi salah satu faktor konsumen memilih produkmu dibanding produk lain yang sejenis.

 

Itulah beberapa strategi yang bisa kamu coba. Pastikan dirimu siap dan mampu beradaptasi dalam menghadapi berbagai perubahan agar tahun 2024 menjadi tahun yang baik dan cerah untuk usahamu!