Jakarta - Smesco Indonesia menggandeng Hotel Borobudur untuk memperluas pasar dan meningkatkan omzet pelaku UMKM lewat Bazar Ramadhan 2024 yang diselenggarakan 8 Maret-5 April di area publik Hotel Borobudur Jakarta.

“Penetrasi pasar selama bulan Ramadhan ini merupakan pengembangan multi peran Smesco sebagai sayap dagang Kementerian Koperasi dan UKM,” ujar Direktur Bisnis dan Pemasaran Wientor Rah Mada dalam keterangan Persnya 4/4 di Jakarta, Kamis.

Wientor mengatakan Smesco semakin dipercaya menjadi sayap dagang UMKM yang membawa UMKM berumbuh naik kelas, bertahap demi tahap dengan membuka akses pasar bagi UMKM yang tergabung dalam ekosistem Smesco. Bazar Ramadhan di Hotel Borobudur, lanjutnya, juga menjadi salah satu  sarana pemerintah mendekatkan produk-produk UMKM dengan masyarakat kalangan menengah ke atas. Produk UMKM yang dipamerkan pun juga produk yang telah dikurasi, sehingga cocok untuk kalangan menengah ke atas.

“Saya optimis kalau kita bisa terus meningkatkan omzet pelaku UMKM dengan cara mendekatkan pelaku UMKM ke market seperti yang kita lakukan sekarang secara berkeliling melakukan bazar, pop up untuk mendukung dan meningkatkan omset para pelaku UMKM, lambat laun produk UMKM juga akan digunakan oleh masyarakat menengah atas,” ucap Wientor.

Ia mengatakan, kolaborasi ini juga dalam rangka merayakan ulang tahun Hotel Borobudur ke-50, sehingga dengan berbagai kegiatan event yang dilakukan Hotel Borobudur, UMKM peserta bazar akan berada dalam kondisi lingkungan pasar yang equilibrium, ujar Wientor.

“Ada lima produk terlaku yang berhasil mencuri hati customer selama bazar Ramadhan yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, diantaranya Ulos Sadum, Bawang Goreng Mbok Sri, Choco Almond, Peci Bulat serta tempat tissue dan  transaksi berhasil membukukan transaksi mendekati Rp. 20 juta,” dikatakan Wientor.

Senada dengan Wientor, Karina Eva Poetry, Director of Marketing Communication Hotel Borobudur Jakarta, dalam keterangan resminya mengatakan Hotel Borobudur sebagai perayaan atas tonggak sejarah 50 tahun yang signifikan ini, mengusung tema ‘Discover Tapestry of Culture and Peace’ dengan slogan ‘Connection Through Diversity’ ini dengan gembira mempersembahkan kolaborasi dengan Masjid Istiqlal dan Forum Pembaruan Kebangsaan serta Smesco Indonesia.

“Pada kesempatan ini, diselenggarakan bazar yang memamerkan 50 UMKM di area Timor, Flores B, Flores Foyer dan Lobi Utama Hotel. Pagelaran yang terbuka untuk umum menampilkan beragam produk dan hidangan khas yang mewakili kekayaan budaya Indonesia,” pungkasnya. (AS/Ay)